Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Meugang, Harga Daging di Aceh Melonjak

Kompas.com - 04/06/2016, 22:04 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Puluhan orang memadati sejumlah pasar tradisional di Lhokseumawe seperti Pasar Pusong, Pasar Cunda, dan Pasar Inpres Lhokseumawe, Sabtu (4/6/2016). Sebagian besar membeli daging sapi dan ayam.

Belanja daging ini sebagai persiapan untuk melaksanakan Meugang, sebuah tradisi makan daging sehari sebelum puasa atau hari raya di Aceh.

Budayawan Aceh, Tgk Mahdi Idris kepada Kompas.com menjelaskan,tradisi Meugang bermakna silaturahmi antar-keluarga. Misalnya, anak pulang ke rumah orangtuanya, menantu mengunjungi mertuanya.

“Jadi, poin pentingnya adalah mempererat silaturahmi. Misalnya, anak membawa daging untuk orangtuanya, mertuanya. Lalu, makan bersama. Ini makna terdalam dari Meugang,” sebut Mahdi.

Bagi masyarakat Aceh, sambung Mahdi, Meugang adalah waktunya kembali ke rumah. Di tengah kesibukan seorang anak bekerja dan aktivitas lainnya, Meugang adalah waktu yang tepat untuk memohon maaf atas segala dosa kepada orangtua sehari sebelum memasuki bulan Ramadhan atau hari raya.

“Pasti anak-anak di Aceh sedapat mungkin berusaha untuk pulang ke rumah orang tuanya di hari Meugang,” ujarnya.

Karena tradisi itu pula, harga daging di Aceh melonjak. Jika biasanya harga daging berkisar Rp 100.000-Rp 120.000 per kilogram, hari Meugang mencapai Rp 170.000 per kilogram.

“Jika pun paling murah hanya sampai pada angka Rp 150.000 per kilogram,” sebut Muhammad, salah seorang pedagang daging di Pasar Inpres Lhokseumawe.

Dia menyebutkan, sepanjang berjualan daging, tidak pernah harganya murah pada hari Meugang. Harga daging selalu melonjak dari biasanya.

“Wajar kan, permintaan tinggi, harga juga tinggi,” sebutnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com