Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Mengejar "Zero Growth" Narkoba

Kompas.com - 04/06/2016, 07:10 WIB


BANDUNG, Kompas.com - Menpora Imam Nahrawi mengukuhkan 459 Pemuda Anti Narkoba Jawa Barat (Jabar) di Gedung Pusdai, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (3/6).

Menurut Menpora ini program unggulan Kemenpora tahun 2016 yang melibatkan pihak dari Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Kementerian dan Lembaga terkait untuk mewujudkan target Zero Growth terhadap Narkoba dan menyelamatkan generasi penerus bangsa.

Sebanyak 39 ribu pemuda anti narkoba disiapkan untuk mencapai target Zero Growth narkoba di Indonesia. Untuk tahap awal program ini akan digelar di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur."Ini program unggulan Menpora tahun 2016. Kita juga libatkan pihak dari BNN serta Kementerian dan Lembaga terkait untuk mewujudkan target Zero Growth terhadap Narkoba. Mari selamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya Narkoba," ujar Menpora.

Hari ini adalah tahap pertama dari 10 Kabupaten di wilayah Jabar. Antara lain, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Karawang, Bandung, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Bogor dan Kabupaten Bekasi.

Selama dua hari para pemuda yang telah lolos dalam test urine oleh BNN itu akan dibekali seputar pengenalan terhadap bahaya narkoba dari berbagai sisi. Meliputi kesehatan, akademis maupun spiritual dari tim-tim yang berasal dari BNN, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama maupun internal Kemenpora.

"Dari sisi komunikasi mereka juga telah dilatih untuk siap melakukan tugas pengabdiannya sebagai kader anti narkoba di tengah-tengah masyarakat oleh tim ahli dan motivator andal," papar Imam.

Dalam pengukuhan Kader Anti Narkoba ini Menpora didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN dan disaksikan oleh sejumlah pejabat di lingkungan Kemenpora seperti Asisten Deputi dan Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan Zainul Munasichin.

Sementara itu Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda, Mulyadi Adnan mengatakan ada 10 Kabupatem dengam jumlah. Sekitar 459 kader. Tahap pertama kegiatan Pelatihan dan Pengukuhan Kader Pemuda Anti Narkoba  dilakukan di kota Bandung, Jawa Barat. Beragam kegiatan untuk sosialiasi dan edukasi mengenai bahaya narkoba dari tinjauan kesehatan, spiritual maupun akademis hingga pelatihan bagaimana menjadi komunikator handal akan diberikan kepada anak-anak muda terpilih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com