Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 5 Hari Bebas dari Penjara, Maling Motor Ditangkap karena "Kambuh" Lagi

Kompas.com - 02/06/2016, 22:23 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSSIANTAR, KOMPAS.com - Baru lima hari menghirup udara segar dari Lapas Pematangsiantar, seorang residivis kembali ditangkap karena berusaha mencuri sepeda motor, Kamis (2/6/2016).

Pelaku bernama Doni Siregar (35) itu ditangkap oleh warga saat hendak mengambil sepeda motor Honda Blade warna merah-hitam yang diparkirkan dekat kantor Palang Merah Indonesia, Jalan Sutomo, Pematangsiantar.

Ketika diamankan warga, warga Jalan Tanah Jawa, Pematangsiantar, itu sempat berkilah tidak mencuri. Padahal, kendaraan roda dua sudah sempat didorong dan rumah kuncinya telah dijebol.

Warga geram sehingga memukuli residivis yang sudah tiga kali mendekam dalam sel penjara itu.

Korban bernama Novi (32), warga Kampung Timuran, Kabupaten Simalungun, secara resmi melaporkan kejadian itu ke Polres Pematangsiantar.

Korban menuturkan, awalnya dia berangkat dari rumah dengan berboncengan bersama ibunya, Sumiani (45). Ia bermaksud berobat terapi di dekat kantor PMI.

Sesampainya di lokasi, sepeda motor diparkirkan di samping ruko tempat ia biasa berobat terapi. Setelah diparkir dan mengunci setang, ia bersama ibunya masuk ke dalam ruangan untuk terapi.

Saat itulah pelaku datang dengan menenteng tas kecil dan berlagak seperti tukang parkir. Begitu situasi sepi, Doni mendorong sepeda motor keluar dari tempat parkir dan merusak rumah kunci dengan kunci letter T yang dibawanya. Perbuatan pelaku itu dipergoki oleh petugas parkir.

"Sempat enggak ngaku dia, makanya dipukuli warga. Untung tadi polisi cepat datang mengamankan pelaku," kata Novi.

Doni mengaku bahwa ia baru lima hari bebas dari penjara. Dia nekat mencuri karena tidak mempunyai pekerjaan sejak dinyatakan bebas.

"Sudah tiga kali aku ditangkap dan terakhir kasus jambret. Aku enggak punya uang, makanya nekat curi motor," ujar Doni.

Kepala Polres Pematangsiantar Ajun Komisaris Besar Polisi Dodi Darjanto mengatakan, polisi masih mengembangkan kasus ini karena banyaknya laporan warga tentang pencurian sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com