Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dato Sri Tahir Janjikan Dana Atasi Kemiskinan di Jateng

Kompas.com - 01/06/2016, 20:58 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Chairman Mayapada Group Dato Sri Tahir berjanji memberikan dana untuk mengatasi persoalan kemiskinan di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Tahir saat beraudiensi di ruang kerja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (1/6/2016). Tahir menawarkan kepada pemerintah setempat untuk membuat program nyata pengentasan kemiskinan.

"Kami siap pendanaannya. Jateng ada program apa untuk kemiskinan, saya tantang," kata pendiri Tahir Foundation itu.

Sebagai salah satu langkah pengentasan kemiskinan, bos perusahaan properti dan bank itu memberi bantuan berupa 50 unit mesin tanam padi otomatis atau transplanter kepada Pemprov Jateng. Alat pertanian modern ini bisa digunakan untuk mewujudkan swasembada pangan.

Transplanter tersebut telah mendapatkan sertifikasi dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian. Alat ini bisa mempercepat proses penanaman padi, sehingga mengurangi biaya produksi.

Tahir mengatakan siap membantu pemerintah mengatasi persoalan-persoalan di daerah. Salah satunya dengan program penyiapan keterampilan bagi calon tenaga kerja wanita (TKW) di berbagai daerah di Indonesia.

"Semua kebutuhan termasuk pengajar, kami sediakan," kata penerima doktor honoris causa dari Universitas Gajah Mada awal 2016 tersebut.

Menanggapi itu, Ganjar akan menawarkan sejumlah program kemiskinan untuk dibiayai oleh Tahir Foundation. Salah satu program yang ditawarkan itu adalah family to family untuk keluarga miskin.

Melalui program tersebut, perusahaan di Jateng diminta untuk menyumbang ke anak-anak miskin dengan membelikan keperluan sekolah, mulai dari seragam, tas, buku dan perlengkapan lain.

"Ini potensi bagus untuk bisa bekerja sama, pasti akan tindaklanjuti," kata Ganjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com