Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Anggota Komite Nasional Papua Barat Berdemo di Gerbang Kampus Uncen

Kompas.com - 31/05/2016, 08:53 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sekitar 200 anggota Komite Nasional Papua Barat menggelar unjuk rasa di gerbang kampus utama Universitas Cenderawasih Jayapura, Selasa (31/5/2016).

Tuntutan para pendemo agar United Liberation Movement for West Papua bergabung dalam perkumpulan negera Melanesia atau Melanesia Spearhead Group (MSG).

Berdasarkan pantauan Kompas.com demo berlangsung sejak pukul 08.00 WIT. Mereka membawa spanduk yang bertuliskan "Papua Merdeka".

Sebanyak 600 aparat Kepolisian Resor Kota Jayapura yang disiagakan untuk menghadapi aksi unjuk rasa KNPB.

Juru Bicara KNPB Bazoka Logo menyatakan, total sebanyak 5.000 orang yang dikerahkan pihaknya dalam aksi unjuk rasa di Jayapura.

"Seluruh massa KNPB akan menggelar unjuk rasa di sejumlah titik yakni di Waena, Padang Bulan, Sentani, dan Abepura. Tujuan akhir unjuk rasa di kantor DPRD Papua di pusat kota Jayapura," kata dia.

Bazoka menuturkan, sebanyak 101 anggota KNPB yang diamankan pihak kepolisian di Jayapura dan Wamena sejak tanggal 28-30 Mei 2016.

"Kami masih mendata jumlah sebenarnya anggota KNPB yang diamankan aparat hari ini," ucapnya.

Kapolres Kota Jayapura AKBP Jermias Rontini saat ditemui di lokasi unjuk rasa mengatakan, pihaknya akan mengutamakan langkah persuasif untuk membubarkan aksi massa.

"Saya ini juga anak asli Papua. Aparat tak akan menggunakan aksi kekerasan walaupun mereka memukul saya. Intinya, aksi unjuk rasa mereka tak sesuai dengan ideologi negara karena menginginkan Papua merdeka," tegas Jermias.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com