Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Baubau, Sungai dengan 60 Nama Berbeda

Kompas.com - 30/05/2016, 13:33 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com - Sungguh unik, sungai yang mengalir hingga melewati kota Baubau rupanya mempunyai nama lebih dari satu. Aliran sungai yang dikenal dengan sebutan Sungai Baubau ini rupanya mempunyai 60 nama yang berbeda-beda.

Seorang peneliti dari Lembaga Pembina Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mustafa, Senin (30/5/2016), menuturkan, sungai yang mempunyai 60 nama ini berdasarkan dari setiap etnis yang berbeda di Pulau Buton.

Di Buton banyak suku dan setiap suku mempunyai bahasa tersendiri. "Dahulu ada banyak kampung yang tinggal di sekitar aliran sungai ini, dan setiap kampung berbeda memberikan nama lain dengan bahasanya sendiri, sehingga setelah kami lakukan penelitian, sungai ini rupanya mempunyai 60 nama. Ini sungguh unik sekali," kata Mustafa.

Dia menambahkan, aliran sungai tersebut mempunyai panjang sekitar 30 kilometer yang mengalir hingga ke laut melewati Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Dari hasil penelitiannya, Mustafa menyatakan, dahulu peradaban orang Buton tinggal di bentaran Sungai Baubau.

"Kemungkinan ada banjir, orang Buton dahulu langsung pindah ke tempat yang lebih tinggi. Kami menemukan kampung lama namanya bontu-bontu dekat aliran sungai. Di situ ada bekas tanda-tanda kehidupan, seperti ada makam, juga ada cerek yang sudah jadi batu," tuturnya.

"Ini sudah lama 60 nama sungai ini. Sudah ada sejak ratusan tahun dan sampai saat ini, 60 nama sungai ini masih tetap digunakan warga," tambah Mustafa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com