Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Tebar 10.000 Ikan di Sungai Kalimas

Kompas.com - 28/05/2016, 21:49 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Total 10.000 ekor ikan ditebar di Sungai Kalimas, Surabaya, Sabtu (28/5/2016) sore. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, bersama komunitas warga terlibat langsung dalam penebaran ikan tersebut.

Risma menumpang perahu karet bersama Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, dan Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji.

"Ayo rek, endi maneh iwake? (ayo, mana lagi ikannya?)," kata Risma sedikit berteriak. Sejumlah hewan air yang ditebar sore itu antara lain ikan bader, ikan kutuk, dan belut yang masih berukuran kecil.

Diharapkan, ikan-ikan yang ditebar bisa berkembang biak, dan memperkuat ekosistem sungai yang membentang membelah Kota Surabaya itu.

"Kami sedang mewujudkan Sungai Kalimas ini sebagai ikon wisata Surabaya. Kami sudah kumpulkan banyak perahu untuk wisata, kemarin ada perusahaan yang nyumbang lagi," terangnya.

Sungai Kalimas, kata Ketua Komunitas Nol Sampah, Wawan Some, memiliki potensi pencemaran limbah domestik dari pemukiman, bangunan perkantoran dan hotel.

"Karena itu kami usulkan agar Pemkot Surabaya membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal di semua pintu air yang menuju Sungai Kalimas," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Surabaya, Armuji,  mengulas sejarah silam Kalimas.

"Saat masa pemerintahan kerajaan Ujung Galuh, Kalimas dulu merupakan pusat pelayaran dan rekreasi. Melalui kegiatan tebar benih ikan ini, kami ingin masa keemasan, masa kejayaan Kalimas terulang," harap Armuji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com