Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Mudik, Petugas Disiapkan di 12 "Crossing" Sebidang Tol Bawen-Salatiga

Kompas.com - 28/05/2016, 09:02 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KOMPAS.com - Ruas tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 kilometer diperkirakan belum sepenuhnya rampung pada masa Idul Fitri 2016 ini. Meski demikian, penggal seksi III dari Tol Semarang-Solo itu direncanakan tetap dilalui kendaraan pemudik, sehingga PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai operator akan menyiapkan berbagai hal untuk kenyamanan pemudik.

Salah satunya adalah menyiapkan petugas khusus yang mengatur lalu lintas di persimpangan sebidang yang berhubungan langsung dengan jalan desa atau kampung.

"Ada 12 crossing itu masih sebidang dan kita akan siapkan petugas 24 jam di sana. Tugasnya mengatur lalu lintas, tapi prioritas untuk kendaraan yang melintas di tol," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ), Arie Irianto, Jumat (28/5/2016).

Selain menyiapkan petugas khusus di 12 perlintasan sebidang, PT TMJ juga akan menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan guna memudahkan dan memperlancar pengguna jalan tol.

Kondisi ini, kata Arie, sama persis ketika jalan tol Ungaran-Bawen digunakan sementara untuk arus mudik lebaran beberapa tahun lalu.

"Tetap searah, artinya waktu arus mudik hanya dari Bawen ke Salatiga saja. Sebaliknya, ketika arus balik hanya bisa dilalui dari Salatiga ke Bawen. Tidak bisa bolak-balik karena yang kami siapkan baru lajur ke selatan saja," ujarnya.

Sementara itu, terkait keberadaan rest area yang sedang dibangun di ruas tol KM 22+200 A Semarang-Bawen, pihaknya memastikan, pada masa mudik lebaran tahun 2016 ini sudah dapat digunakan.

Berbagai fasilitas yang ada di rest area ini seperti 24 toilet, 24 urinoir, masjid, foodcourt, restoran, play ground, dan lahan parkir yang sangat representatif dapat digunakan oleh masyarakat pengguna jalan tol yang melintas.

"Sepekan sebelum dan sesudah Idul Fitri, rest area bisa dimanfaatkan pemudik," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com