Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Kirim Anak Tukang Becak Sekolah Perawatan Pesawat Terbang

Kompas.com - 26/05/2016, 22:48 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini membuka peluang anak berprestasi dari keluarga tidak mampu untuk menempuh pendidikan dan pelatihan di sektor perawatan pesawat terbang. 

Kamis (26/5/2016) sore tadi, Risma resmi melepas 16 putra terbaik Surabaya untuk menempuh pendidikan di bawah naungan anak perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero), yakni PT Garuda Maintenance Facilities AeroAsia (GMF).

Ke-16 anak tersebut adalah hasil seleksi dari 500 pendaftar yang memiliki rangking tertinggi dari serangkaian tes, seperti tes fisik, psikotes, wawancara, dan tes TOEFL.

"Mereka dari warga tidak mampu, ada dari keluarga terdampak penutupan lokalisasi, ada anak juru parkir, tukang becak, penjual siomay, tukang potong rambut, dan sopir. Tapi mereka lebih unggul dari 500 pendaftar lainnya," kata Risma.

Risma mengaku hanya ingin membuka peluang yang sama untuk warga tidak mampu di Surabaya, dalam hal memperoleh peluang kerja.

"Banyak potensi SDM di Surabaya, tapi sayang tidak dimanfaatkan karena keluarganya tidak mampu," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo mengatakan, ke-16 anak tersebut akan melalui pelatihan dan pendidikan dasar teknik perawatan pesawat terbang di Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya sebelum praktik di perusahaan perawatan pesawat terbang terbesar di Indonesia itu. 

"Mereka dikontrak dengan ikatan dinas," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Risma dan pihak PT Garuda Indonesia juga melakukan penandatanganan kerjasama pengembangan kemampuan penyediaan sumber daya manusia di bidang perawatan pesawat terbang melalui pemberian kesempatan kerja bagi putra-putri terbaik Surabaya untuk berkarier di dunia penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com