Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Juni Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan 1 Ramadhan

Kompas.com - 25/05/2016, 16:06 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com Bulan Ramadhan akan segera tiba. Datangnya bulan penuh rahmat dan ampunan ini menandai waktunya menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Namun, penentuan awal Ramadhan memasuki bulan puasa tentu harus dilakukan melalui perhitungan atau hisab.

Di Indonesia, seperti lazimnya, Kementerian Agama bersama organisasi keagamaan dan para ulama serta ahli falak juga akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, untuk menentukan awal Ramadhan, pihaknya akan mengundang para ulama, para ahli, dan para pakar di bidang ilmu falak.

"Kita akan undang para ulama, ahli falak, dan sebagainya itu pada tanggal 5 Juni. Nanti, sore dan setelah maghrib kita akan mengadakan sidang isbat untuk menentukan apakah pada saat itu sudah masuk 1 Ramadhan atau belum, hilal terlihat atau tidak," ujar Lukman kepada wartawan di Maluku Tengah, Rabu (25/5/2016).

Dia mengatakan, jika saat itu petugas di beberapa titik pemantauan ada yang melihat hilal, sidang isbat akan memutuskan 1 Ramadhan saat itu juga. Namun, jika tidak ada yang melihat hilal, puasa akan digenapkan menjadi 30 hari.

"Kalau hilal terlihat, kita sudah masuk 1 Ramadhan untuk besoknya berpuasa. Namun, kalau tidak ada satu pun petugas yang melihat hilal, kita akan istikmal atau menggenapkan menjadi 30 hari," katanya.

Dia mengatakan, sidang isbat yang dihadiri para ulama dan juga ahli falak itu nantinya akan berlangsung secara tertutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com