Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilaporkan Warga Sering "Nyabu", Kepala Dusun di Klaten Diringkus

Kompas.com - 19/05/2016, 20:06 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KLATEN,KOMPAS.com - Seorang kepala dusun di Klaten diringkus aparat kepolisian setelah kedapatan menyimpan sejumlah paket narkoba jenis sabu dan ganja.

Oknum perangkat desa tersebut tidak bisa mengelak saat petugas menggerebek Kantor Kepala Desa dan memeriksa satu per satu petugas pelayan masyarakat tersebut.

Heri Subiyanto (41) Kepala Dusun Barukan, Klaten, tidak bisa berkutik saat jajaran Polres Klaten melakukan tes urine dan menggeledah dirinya pada hari Senin (16/5/2016).

Hasil tes urine saat itu menunjukan Heri positif mengandybg Metamphetamin, dengan kata lain yang bersangkutan menggunakan narkoba.

Setelah itu, petugas menggeledah Heri dan menemukan sejumlah paket narkoba jenis ganja dan sabu di bungkus plastik putih dengan berat masing masing 0,67 gram dan 0,55 gram.  Serta bungkusan kertas berisi daun kering ganja seberat 3,73 gram.

"Awalnya ada laporan dari masyarakat, kalau pelaku sering menggunakan narkoba, setelah itu kita lakukan penyelidikan dan observasi," kata AKP Danang Eko Purwanto, Kasatnarkoba Polres Klaten, hari Kamis (19/5/2016).

Kasatnarkoba menambahkan usai tes urine dan penggeledahan, akhirnya pelaku mengaku mendapatkan narkoba dari seseorang yang dia tidak kenal dan transaksainya sering berpindah tempat.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 111 ayat 1 dan atau pasal 127 ayat 1 UU RI No 35/2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara dan denda Rp 800 juta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com