Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Kejahatan Seksual, Ibu-ibu di Solo Tabuh Peralatan Dapur

Kompas.com - 15/05/2016, 16:30 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Puluhan ibu-ibu di Solo turun ke jalan dengan membawa peralatan dapur untuk menyerukan kepedulian terhadap korban kejahatan seksual. Aksi simpatik tersebut digelar saat Car Free Day berlangsung di Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (15/5/2016).

Puluhan ibu-ibu dan aktivis perempuan di Solo menabuh peralatan dapur seperti penggorengan serta alat musik semisal ketipung dan jimbe. Mereka menyerukan perlawanan terhadap kejahatan seksual yang akhir-akhir ini marak terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Salah satu peserta aksi dalam orasinya mendesak pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual.

Namun mereka juga menolak adanya vonis kebiri dan penanaman chip di badan pelaku karena dianggap melanggar Hak Asasi Manusia.

"Kita dari Solo menabuh genderang perang terhadap kejahatan seksual. Kita lawan dari rumah, maka kita bawa peralatan dapur. Simbol kejahatan seksual kita lawan mulai dari rumah," kata Endang Listiani, direktur Sepk-Ham, lembaga yang konsen pada masalah kekerasan terhadap anak dan perempuan, Minggu.

Aksi simpatik tersebut mendapat perhatian dari pengunjung Car Free Day, salah satunya Maria, warga Kartasura.

"Kejahatan seksual mengincar di mana-mana membuat warga waswas, apalagi bagi perempuan, kita harap Pak Presiden dan aparat mampu menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus melanggar HAM, tapi lebih ke akar permasalahan kenapa kejahatan seksual bisa menjamur," katanya.

Aksi pun ditutup dengan orasi dan pernyataan sikap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com