Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peter Pouly Juarai International Tour de Banyuwangi Ijen 2016

Kompas.com - 14/05/2016, 21:07 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pebalap dari Singha Infinite Cycling Team, Peter Pouly berhasil menjadi juara pada International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016.

Lelaki berusia 45 tahun tersebut meraih juara selama tiga tahun berturut turut. Meski pada tiga etape sebelumnya tak pernah naik podium, lelaki asal prancis tersebut menjadi yang tercepat dan berhak meraih yellow jersey dalam etape keempat yang menempuh track sejauh 123 kilometer, dari Muncar ke Paltuding Ijen.

Ia berhasil mencatatat waktu 3 jam, 50 menit dan 58 detik. Posisi kedua direbut Jai Crawford dari Kinan Cycling Team dengan 3 jam, 53 menit dan 2 detik. Sedangkan Bambang Suryadi dari Black Inc Cycling Team menempati ranking ketiga dengan 3 jam, 55 menit dan 3 detik.

Pouly menjelaskan manuver baru dilakukan setelah tanjakan King of Mountain (KoM) kedua di Jambu, sekitar 10 kilometer menjelang garis finis. Menurutnya spot itulah yang menjadi kunci untuk menjuarai ajang ini.

"Balapan ini hanya soal 10 kilometer terakhir itu saja. Karena itulah penentuannya. Saat mencapai titik itu, saya mulai mempercepat laju sepeda. Sepanjang balapan, saya berusaha menjaga diri tidak jatuh atau mengalami masalah. Saya seperti melakukan attack di tempat yang sama seperti tahun lalu," ucap Pouly usai balapan, Sabtu (14/5/2016).

Pebalap yang ia lewati antara lain Ma Guangdong (Wisdom-Hengxiang Cycling Team), Bambang Suryadi (Black Inc), Arin Iswana (Pegasus), Thavone Phonasa (Black Inc Cycling Team), Abdul Gani (KFC Cycling Team) dan Adiq Othman (Terengganu Cycling Team).

Selain Pouly yang berhasil merebut yellow jersey, pebalap Indonesia juga berjaya dalam even yang telah digelar kali kelima ini. Bambang Suryadi berhasil meraih polka-dot jersey, terbaik dalam tanjakan, sementara Ma Guangdong berhasil mendapatkan green jersey. Best Indonesian rider diraih Dadi Suryadi (red & white jersey).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com