Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat Pasar Tradisional, Warga Pilih Beli Gula di Pasar Murah

Kompas.com - 14/05/2016, 14:43 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasar murah khusus  gula kristal putih digelar di Surabaya, Sabtu (14/5/2016). Gula kristal putih yang di pasaran dijual Rp 15.000/kilogram, di pasar murah tersebut dijual Rp 12.000/kilogram. 

Alhasil, 1 ton stok yang disediakan, habis dalam waktu kurang dari 2 jam. Pantauan Kompas.com, pasar murah yang digelar PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), Cabang Regional Surabaya di Jalan Jepara Surabaya itu dikerumuni puluhan warga setempat.

Stand non permanen yang dibuka sekitar pukul 10.00 WIB, ditutup menjelang pukul 12.00 WIB tengah hari. Warga memilih membeli di stand tersebut, meski lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional di Jalan Gersik PPI.

"Di pasar harganya sekitar Rp 14.000 hingga Rp 15.000/ kilogram. Lebih baik beli di sini saja, lebih murah, kualitasnya sama," kata Farid, warga sekitar.

Staf khusus Menteri Perdagangan, Bidang Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, Gunaryo, saat meninjau pelaksanaan pasar murah mengatakan, pasar murah tersebut digelar serentak di berbagai daerah, untuk menekan harga sembako khususnya komoditi gula, yang cenderung naik menjelang bulan puasa. 

"Pasar murah akan digelar berpindah-pindah dari pasar ke pasar hingga H-3 Lebaran nanti," ujarnya.

Di Surabaya, selain di sekitar pasar tradisional Gersik PPI, di Kelurahan Jepara, Kecamatan Krembangan, juga digelar di Pasar Babakan, di kecamatan yang sama di Kelurahan Babakan. Sama seperti di Jalan Jepara, di Pasar Babakan, juga disediakan stok 1 ton gula kristal putih.

"Secara nasional, kami sediakan 200.000 ton untuk pasar murah gula kristal putih, selain PT PPI, juga didistribusikan oleh distributor yang ditunjuk," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com