Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Gempol-Pasuruan Belum Bisa Dipakai Mudik Lebaran

Kompas.com - 13/05/2016, 08:47 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - PT Transmarga Jatim Pasuruan menargetkan Jalan Tol Gempol - Pasuruan bisa beroperasi pada awal 2017. Dengan begitu, tol yang diharapkan bisa mengurai kepadatan kendaraan di Kota dan Kabupaten Pasuruan itu belum bisa digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini.

"Kayaknya kalau untuk Gempol - Bangil belum bisa (digunakan untuk mudik)," kata Humas PT Transmarga Jatim Pasuruan, Rudi Purwanto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (12/5/2016).

Namun begitu, pihaknya mempersilakan jika pemerintah setempat ingin melakukan uji coba. Menurut dia, uji coba tersebut bisa dilakukan di jalan tol dari Kecamatan Bangil hingga ke Kecamatan Rembang. Sebab, hanya rute tersebut yang sudah selesai 100 persen.

Sementara rute sebelumnya, yakni dari Kecamatan Gempol ke Kecamatan Bangil masih mengalami kendala pembebasan lahan.

"Kalau pemerintah ingin uji coba supaya mencegah kemacetan, bisa," jelasnya.

Rudi menambahkan, pengoperasian secara resmi jalan tol itu ditargetkan pada awal 2017, setelah konstruksi seksi I dan II selesai 100 persen.

"Kalau kita siap operasi awal 2017 triwulan pertama," ungkapnya.

Saat ini, konstruksi di seksi I, dari Gempol ke Rembang belum rampung karena mengalami kendala pembebasan lahan. Sedangkan pembangunan seksi II, dari Rembang ke Kota Pasuruan masih pada tahap pembebasan lahan. Hingga saat ini, pembebasan lahan di seksi II masih mencapai 73 persen.

"Untuk konstruksi seksi II tahap persiapan dokumen. Nanti kalau sudah siap dimulai konstruksinya. Sambil menunggu pembebasan tanah," ujar Rudi.

"Kalau bisa P2T membebaskan sebanyak-banyaknya. Supaya kami bisa segera melakukan konstruksi jalan," tambah dia.

Pembangunan Jalan Tol Gempol - Pasuruan dibagi menjadi tiga seksi. Seksi I sepanjang 13,90 kilometer dari Gempol hingga interchange Rembang dengan kebutuhan luas lahan 142,90 hektar. Seksi II sepanjang 8,10 kilometer dari Rembang ke Kota Pasuruan membutuhkan lahan seluas 98,75 hektar.

Adapun seksi III sepanjang 12,15 kilometer dari Kota Pasuruan hinggs Grati dengan kebutuhan luas lahan 92,46 hektar. Total, jalan tol Gempol - Pasuruan direncanakan sepanjang 34,15 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com