Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pemuda yang Diduga Duduki Kepala Patung Pahlawan Diamankan

Kompas.com - 09/05/2016, 10:23 WIB

SIMALUNGUN, KOMPAS.com — Ismed Banda (18), pemuda asal Desa Sumber Agung, Bandar Betsy I, Nagori Tanjung Hataran, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, diamankan oleh satuan Koramil Pardagangan, Minggu (8/5/2016).

Ismed diduga sebagai salah satu dari sejumlah remaja yang berpose duduk di atas kepala patung pahlawan di Tugu Letda Sujono di Perkebunan PTPN III, Kebun Bandar Betsi, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Pemuda yang hanya lulus sekolah menengah pertama ini diamankan di Desa Lamidur oleh satuan Koramil setelah melakukan pencarian selama dua hari.

Menurut Komandan Koramil Pardagangan Kapten Inf Aladi Siahaan, pemuda ini akan diserahkan ke Polsek Pardagangan.

"Kami hanya mencari tahu keberadaan siapa yang ada dalam foto tersebut, setelah itu akan kami serahkan ke polisi," ujarnya kepada Tribun Medan, Minggu.

Saat diwawancarai, Ismed mengaku bahwa dirinya datang setelah dipanggil oleh tokoh masyarakat karena aksi fotonya yang menduduki patung Letda Sujono.

"Dipanggil tadi sama orangtua di sini. Saya diantar orangtua saya ke sini. Ini ketemu sama bapak-bapak ini," ujarnya.

Ismed yang juga mengunggah foto tersebut ke Facebook mengaku tidak tahu-menahu mengenai sosok Letda Sujono. Aksi foto-foto bersama kawan-kawannya di tugu tersebut, lanjut Ismed, hanya untuk bersenang-senang.

"Untuk seru-seruan aja, Bang. Saya tidak tahu siapa Letda Sujono dan patung-patung yang lain itu," ujarnya.

Ismed pun mengaku menyesal melakukan hal tersebut.

"Enggak lagi, Bang. Nyesal saya. Karena tidak tahu saya, makanya saya menaiki patung itu," ujarnya.

Saat ditunjukkan beberapa foto lain yang juga beredar di media sosial, dia menegaskan bahwa dia tidak mengenal orang-orang yang ada di dalam foto tersebut.

"Enggak kenal aku siapa yang dalam foto itu, bukan kawan-kawanku itu. Kurasa orang pendatang itu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, pemilik akun Fani mengunggah foto-foto sejumlah remaja duduk di atas patung pahlawan pada akun Facebook-nya tertanggal 26 April.

"sungguh tidak punya otak dan moral manusia seperti ini,..MOHON DI SHARE AGAR MEREKA DI TANGKAP OLEH PIHAK YG BERWAJIB," tulis Fani, Sabtu (7/5/2016).

(Baca juga: Foto Remaja Duduk di Atas Kepala Patung Pahlawan Beredar di Facebook)

Letda Sujono yang bertugas sebagai anggota pengamanan Perusahaan Perkebunan Karet Negara IX Bandar Betsy gugur saat mempertahankan area kebun dari upaya perebutan paksa oleh massa Barisan Tani Indonesia (BTI) yang merupakan organisasi sayap Partai Komunis Indonesia (PKI).

Letda Sujono kala itu merupakan anggota TNI berpangkat pembantu letnan satu (peltu). Peristiwa yang terjadi pada 14 Mei 1965 itu dikenal dengan nama “Peristiwa Bandar Betsy”.

Berita ini telah tayang di Tribun Medan, Minggu (8/5/2016), dengan judul: Pria Ini Diamankan Koramil Karena 'Lecehkan' dengan Duduki Patung Pahlawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com