Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dijadikan Lokasi Balapan Liar, Akses Suramadu Dibikin Gelap

Kompas.com - 08/05/2016, 08:51 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

BANGKALAN, KOMPAS.com - Lampu Penenerangan Jalan Umum (LPJU) di akses jalan menuju Jembatan Suramadu sisi Bangkalan, Madura, sengaja dimatikan. Alasannya, akses jalan tersebut sering dibuat sirkuit dadakan untuk balapan liar, khususnya di malam minggu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan, AKP Adi Nugroho menjelaskan, Satlantas bersama Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) sepakat untuk mematikan LPJU akses Suramadu. Tujuannya agar tidak ditempati untuk balapan liar.

"Kalau lampunya terang justru dibuat arena balapan liar. Makanya lebih baik dipadamkan saja," kata Adi Nugroho, Sabtu (7/5/2016).

Adi menambahkan, orang yang menggelar balapan liar ternyata bukan orang Bangkalan. Namun mereka berasal dari Surabaya dan Sidoarjo. Balapan liar digelar ketika ada taruhannya.

"Mereka pernah tertangkap dan ada pula yang kecelakaan. Setelah diselidiki mereka ada yang dari Sidoarjo dan Surabaya," imbuhnya.

Waktu balapan liar tidak bisa dideteksi sebelumnya. Namun kebanyakan pada malam hari karena diduga jalan lebih sepi, biasanya malam minggu.

"Anggota selalu aktif melakukan patroli untuk memantau ada tidaknya balapan liar di akses Suramadu," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Adi mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak melintas di jalan akses menuju Suramadu agar berhati-hati karena penerangannya dimatikan.

"Saya menghimbau agar masyarakat hati-hati. Jika ada balapan liar, mohon diinformasikan kepada kami," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com