Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang Produsen Sandal Terbesar di Indonesia Dilalap Si Jago Merah

Kompas.com - 07/05/2016, 17:32 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Cuaca di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang semula terik tiba-tiba berubah menjadi gelap seketika lantaran gumpalan awan hitam.

Usut punya usut, ternyata ada gudang milik PT New Era Rubberindo yang beralamat di Jalan Mayjend Sungkono No. 55, Gresik, yang terbakar.

Menurut salah seorang saksi mata, Ahmad Junaidi (32), api terlihat tiba-tiba muncul dari gudang produsen sandal terbesar di Indonesia tersebut dari arah belakang.

Padahal, saat itu, posisi pintu perusahaan masih tertutup rapat.

“Kejadian pastinya saya kurang tahu. Hanya saja, api mulai kelihatan membumbung ke langit disertai asap hitam yang mengepul itu sekitar habis Ashar,” tutur Junaidi, Sabtu (7/5/2016).

Dari pengakuan Hasan Aola selaku pimpinan Human Resource Development (HRD) PT New Era Rubberindo, si jago merah melalap dua gudang di bagian belakang.

“Saya dapat telepon dari security yang berjaga itu sekitar pukul 15.30 WIB. Langsung saya meluncur ke sini untuk cek, dan ternyata benar ada dua gudang yang terbakar. Belum bisa diketahui dari mana asalnya api. Hanya dari penuturan security, asal api dari gudang bagian belakang,” kata Hasan.

Ia menjelaskan, dua gudang yang terbakar adalah tempat cutting alias pemotongan bahan sandal.

Di dalam gudang, selain terdapat bahan baku sandal yang akan dipotong, juga terdapat beberapa mesin.

“Untuk perkiraan kerugian saya belum tahu, mungkin saja miliaran rupiah. Karena selain bahan baku sandal berupa spoon, juga terdapat mesin-mesin yang harganya ratusan juta,” terangnya.

Pada saat kejadian gudang tidak sedang dalam aktivitas lantaran para pekerja diliburkan oleh perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com