Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urine Empat Anggota DPRD Gresik Dinyatakan Positif

Kompas.com - 07/05/2016, 15:10 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Hasil tes urine anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gresik yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik pada Selasa (19/4/2016) lalu akhirnya diumumkan.

Hasilnya cukup mengagetkan, karena dari 44 anggota DPRD yang menjalani tes urine tersebut, ada empat anggota yang hasil tes urine-nya dinyatakan positif mengandung zat adiktif oleh BNNK Gresik. Bahkan salah satu di antaranya adalah, Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid.

Sementara tiga orang lainnya adalah, Fakih Usman yang merupakan Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Wafiroh Maksum yang menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Ruspandi Sunaryo (anggota Komisi B).

“Mohon maaf bila agenda pengumuman hasil tes urine molor dan baru dapat kami sampaikan, karena agenda acara kami juga cukup padat. Dan memang ada empat orang yang dinyatakan positif, termasuk saya. Tapi bukan berarti kami terlibat narkoba. Hasil tes urine kami positif, karena kami mengonsumsi obat untuk penunjang kesehatan,” ungkap Hamid, Sabtu (7/5/2016).

(Baca: Akan Rapat Paripurna, Anggota DPRD Dites Urine Mendadak)

Ia lantas menjelaskan, jika dirinya memang mengonsumsi obat setiap hari, lantaran memiliki riwayat penyakit jantung yang sudah diidapnya selama beberapa tahun.

Atas saran yang dianjurkan oleh dokter, Hamid diminta mengonsumsi obat tersebut demi menunjang kesehatannya.

“Jangankan obat jantung, obat batuk saja ada turunannya kok, yang membuat tes urine seseorang menjadi positif. Dan sama, tiga anggota lain yang tes urine-nya positif juga akibat mengonsumsi obat untuk kesehatan," jelasnya.

Hamid lantas menegaskan, bila dirinya dan seluruh anggota DPRD Gresik yang lain, tidak ada yang terlibat atau terpengaruh narkoba.

(Baca: Hasil Tes Urine Belum Diumumkan, Anggota Dewan "Kepikiran")

"Saya percaya, tidak ada anggota kami yang terkait narkoba," ucap dia.

Setali tiga uang, anggota DPRD Gresik yang hasil tes urine-nya terbukti positif Wafiroh Maksum. Dia menyatakan, jika dirinya memang sedang mengonsumsi obat untuk mengobati gangguan lambung.

“Sebelumnya, saya juga sudah dikasih tahu sama dokter, jika memang ada satu obat yang mengandung zat adiktif, tapi kadarnya sangat kecil. Dan saya juga ingin tegaskan, jika urine saya positif ya karena obat itu, bukan narkoba. Karena saya tidak pernah pakai narkoba," ungkap Wafiroh.

Sementara Fakih Usman mengakui, hasil tes urine-nya positif akibat mengonsumsi sejumlah obat penunjang kesehatan. Di antaranya adalah, Glucosanine MPL 500 mg, Ocuson Betamethasone 0,25 mg, Dexchlorpenthramine 2 mg, Myonal 50 mg, dan obat racikan (mefinal, vaksiene, cocein).

Sebelumnya, hasil tes urine anggota DPRD Gresik menjadi molor dari agenda awal dan sempat terkatung-katung, lantaran pihak BNNK Gresik meminta Ketua DPRD Gresik sendiri yang mengumumkan hasil tes urine anggotanya.

Kompas TV Para Pegawai Lapas Jalani Tes Urine
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com