Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Libur "Long Weekend", Polisi Berlakukan "Contra Flow" di Bawen

Kompas.com - 05/05/2016, 19:36 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Kemacetan lalu lintas terjadi di hari pertama libur panjang akhir pekan di Jalan Raya Semarang-Solo, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2016). Salah satu simpul kemacetan ada di simpang tiga exit tol Bawen, yang merupakan titik pecah arus menuju maupun ke Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

PT Tras Marga Jawa Tengah (TMJ) sebagai operator jalan tol Semarang bahkan sampai melakukan rekayasa lalu lintas hingga tiga kali sepanjang siang tadi.

Hal itu terpaksa dilakukan karena antrean kendaraan yang akan masuk jalur reguler dari pintu tol Bawen terjebak kemacetan jalur utama Semarang-Solo. Ekor kemacetan di jalur reguler ini hingga di gerbang tol Bawen.

"Kita sempat berupaya kendaraan yang akan ke Bawen dikeluarkan di tengah, di Ungaran. Apabila daerah Ungaran juga tidak menampung, kita keluarkan di daerah Srondol, Banyumanik (Semarang). Apabila sudah lancar, kita kembalikan lagi ke seperti semula melalui gerbang tol Bawen," kata Supervisor PT TMJ Imam Zarkasih.

Pantauan Kompas.com, puncak kemacetan terjadi pada Kamis siang. Antrean kendaraan di jalur reguler dari arah Semarang menuju Solo padat hingga sepanjang 3 kilometer.

Volumen kendaraan yang keluar dari gerbang tol Bawen juga mengalami kenaikan pesat. Antrean di loket pembayaran mengular hingga 2 kilometer.

Selain mengalihkan arus lalu lintas ke Ungaran, PT TMJ juga sempat menambah dua loket pembayaran sehingga menjadi 10 loket pembayaran. Tujuh loket dari arah Semarang dan tiga loket untuk arah sebaliknya.

Untuk mengurai arus kendaraan di jalur reguler Bawen, petugas Satlantas Polres Semarang terpaksa memberlakukan contra flow di depan Kampoeng Kopi Banaran, Jalan Raya Bawen-Solo Km 35, Bawen. Tiga lajur untuk kendaraan yang akan menuju Solo dan satu lajur untuk kendaraan menuju Semarang.

Dengan rekayasa lalu lintas tersebut, kemacetan lalu lintas di seputar Bawen berakhir sekitar pukul 15.00 WIB.

"Sekarang sudah terurai. Terakhir tadi siang jam 15.00-an sudah kita kembalikan. Kita terus menunggu perkembangan arus, tapi sementara masih tekendali," ujar Kasatlantas Polres Semarang Ajun Komisaris Polisi Dwi Nugroho saat dihubungi sore hari.

Pantauan Kompas.com di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sepanjang jalan raya Semarang-Solo, tidak ada kendala stok bahan bakar minyak (BBM) dari Ungaran hingga Bawen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com