Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Yohana Sebut Jalan Menuju Rumah Yn Tak Ramah bagi Perempuan

Kompas.com - 05/05/2016, 19:26 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yasimbe menilai bahwa jalan menuju rumah Yn (14) di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, tidak ramah bagi perempuan yang melewatinya.

Jalan itu setiap hari dilalui oleh Yn untuk berangkat atau pulang dari sekolah. Pada 4 April 2016, Yn ditemukan tewas dengan kondisi terikat di jurang dekat jalan tersebut. Ia menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan belasan pemuda saat perjalanan pulang sekolah.

Menurut Yohana, kondisi jalan seperti itu dapat memicu kerawanan hingga terjadi pelecehan terhadap perempuan.

"Saya telah melihat jalan menuju ke sini (rumah Yn), jalannya jelek dan tak ramah perempuan. Saya harap Pak Gubernur dapat segera memperbaikinya," kata Yohana saat mengunjungi kediaman Yn di Rejang Lebong, Bengkulu, Kamis (5/5/2016).

Teman-teman Yn yang datang di rumah korban hari ini mengeluhkan jalan yang harus dilewati warga, terutama siswa-siswi sekolah. Mereka harus menempuh jarak hingga 3 kilometer pada jalan yang buruk dan sepi itu menuju sekolah.

Warga juga harus menempuh perjalanan ratusan meter untuk mandi atau mencuci di sungai terdekat.

Kepada Yohana, rekan-rekan Yn meminta tiga hal untuk mencegah kejahatan di sepanjang jalan itu.

Selain meminta perbaikan jalan desa, mereka juga menginginkan adanya angkutan bus untuk anak sekolah serta pengadaan sarana air bersih dan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com