Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Candi Jawi jadi Tempat Favorit untuk "Selfie"

Kompas.com - 05/05/2016, 18:23 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Candi Jawi yang terletak di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ramai dikunjungi wisatawan pada Kamis (5/5/2016).

Para wisatawan yang datang dari sejumlah daerah itu tampak asyik ber-selfie dengan latar belakang candi yang dibangun sekitar abad ke-13 itu.

"Saya sudah tiga kali kesini. Tapi masih keren melihatnya," kata Latif Nur Kholis, wisatawan asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah kepada Kompas.com.

Menurutnya, candi yang berada tepat di pinggir jalan menuju kawasan Tretes itu sangat tepat buat berlibur. Selain untuk lebih mengenal peninggalan sejarah, kawasan tersebut juga berhawa sejuk.

"Asyik buat liburan di sini mas," tambah Latif.

Hal yang sama juga diungkapkan Miftahul Jannah, wisatawan asal Sidoarjo, Jawa Timur. Siswa kelas 11 di SMKN 2 Buturan, Sidoarjo itu menyebut, Candi Jawi bagus buat berfoto.

"Bagus sih. Buat foto selfie background-nya bagus," kata dia.

Sebenarnya, ia sudah sering melintas di depan candi tersebut. Namun ia mengaku baru kali ini singgah dan menikmati pemandangannya.

"Lewat sudah sering tapi tidak pernah mampir. Sekarang mampir kok bagus," lanjutnya.

Mistahul mengaku terkesan dengan relief candi tersebut. Meski sudah pernah dipugar, candi itu menurutnya masih mencerminkan keasliannya.

Candi Jawi merupakan salah satu peninggalan sejarah di Kabupaten Pasuruan. Dalam kitab Negarakertagama dijelaskan, candi tersebut dibangun pada abad ke-13 yakni pada masa akhir pemerintahan Kerajaan Singasari dan awal kepemimpinan Raja Kartanegara.

Candi Jawi memiliki panjang 14,24 meter, lebar 9,55 meter dan tinggi 24,50 meter. Di puncak candi terdapat sebuah ruangan yang disebut sebagai pandhermaan Raja Kartanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com