Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gelar Rekontruksi, Pelaku Pembunuhan Mahasiswi UGM Peragakan 56 Adegan

Kompas.com - 05/05/2016, 14:08 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Polres Sleman mengelar rekontruksi pembunuhan Feby Kurnia (19) mahasiswi Program studi Geofisika FMIPA UGM hari ini, Kamis (05/05/2016).

Dalam rekontruksi yang dilaksanakan di lantai 5 gedung S2 dan S3 gedung FMIPA UGM ini, tersangka Eko Agus Nugroho memeragakan 56 adegan.

Adegan itu mulai dari datang, mencekik korban hingga membawa motor korban.

Rekontruksi dimulai sekitar pukul 08.20 WIB dan dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Sepuh Siregar.

Awal, rekontruksi dimulai dari dalam gedung tepatnya di lantai lima. Setelah itu, rekontruksi digelar di luar gedung, tempat pelaku Eko Agus Nugroho mengambil motor korban dan membawanya ke parkiran Terminal Giwangan.

"Kami gelar rekontruksi, tadi ada 56 adegan yang diperagakan oleh pelaku ," ujar Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Sepuh Siregar, Kamis (05/05/2016).

Sepuh menyampaikan, rekontruksi ini digelar untuk mendukung pembuktian dan mencocokkan keterangan pelaku. Selain itu juga untuk kelengkapan berkas perkara.

Dalam rekontruksi di lantai 5, lanjutnya, pelaku juga memeragakan bagaimana mencekik korban hingga meninggal dunia. Pelaku juga menunjukkan cara membawa korban ke dalam toilet dan mengunci pintu.

"Pelaku juga memperagakan adegan itu (mencekik korban). Itu ada di tengah-tengah rekontruksi," tuturnya.

Berdasarkan rekontruksi, diketahui bahwa usai melakukan pembunuhan, pelaku mengambil ijazahnya yang dititipkan di pos satpam untuk melamar pekerjaan.

Setelah itu, pukul 09.30 WIB, pelaku mengambil sepeda motor korban jenis matic Mio J berplat BP 4864 JH dan menitipkan di salah satu parkiran Terminal Giwangan.

"Sementara ini yang diperagakan sesuai keterangan sebelumnya. Ada beberapa temuan baru yang nantinya akan dimasukkan dalam BAP tambahan," ujar Sepuh.

Turut hadir dalam rekontruksi penasihat hukum dan jaksa penuntut. Sehingga penasihat hukum dan jaksa penuntut dapat melihat fakta-fakta yang ada.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam waktu singkat kepolisian mengungkap misteri pembunuhan Feby Kurnia (19).

Berdasarkan penyelidikan, polisi menangkap Eko Agus Nugroho, seorang pekerja outsourcing yang sehari-hari bertugas membersihkan Gedung S2 dan S3 FMIPA UGM.

Dari keterangan Eko Agus nekat melakukan pembunuhan karena motif ekonomi dengan ingin menguasai barang milik korban.

Kompas TV Inilah Identitas Pembunuh Mahasiswi UGM
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com