Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Radio Bung Tomo Dibongkar, Risma Akan Temui Istri Almarhum

Kompas.com - 04/05/2016, 15:01 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berencana menemui istri mendiang Bung Tomo, Sulistina Sutomo, terkait pembongkaran rumah tempat studio radio Bung Tomo di Jalan Mawar 10-12, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur.

"Saya akan temui Bu Bung Tomo (Sulistina) untuk menanyakan langsung. Sekarang belum sempat, belum ada waktu," kata Risma, Rabu (4/5/2016).

Risma juga akan memastikan ke Dinas Pariwisata tentang status bangunan tersebut sebagai cagar budaya. Bangunan itu telah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Surat Keputusan Wali Kota Surabaya Nomor 188.45 Tahun 1998.

"Saya masih mau ketemu Bu Bung Tomo dulu, nanti baru ada langkah selanjutnya," kata Risma.

Pantauan Kompas.com, Selasa kemarin, di lokasi tersebut sudah tidak ada bangunan karena baru saja dibongkar.

Di salah satu ruang rumah tersebut, Bung Tomo bersama Ktut Tantri dan beberapa sahabatnya mendirikan studio Radio Pemberontakan Republik Indonesia dengan pemancar portabel.

Studio itu diciptakan karena RRI saat itu masih ragu dengan sepak terjang Bung Tomo.

Dari ruang itulah, perlawanan terhadap penjajah yang dikenal sebagai Perang 10 November berkobar. Ratusan ribu pejuang yang tersulut emosinya mengangkat senjata untuk berperang melawan penjajah hingga  Surabaya disebut Kota Pahlawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com