Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pembunuhan Mahasiswi UGM adalah Petugas Kebersihan Kampus

Kompas.com - 04/05/2016, 11:19 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com — Polisi telah menangkap pelaku pembunuhan Feby Kurnia (19), mahasiswi Program Studi Geofisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gajah Mada (F-MIPA UGM). Pelaku merupakan petugas kebersihan berstatus outsourcing di Gedung S-2 dan S-3 F-MIPA UGM.

"Dari olah TKP, penyelidikan dan hasil lidik (penyelidikan) serta pemeriksaan saksi-saksi mengarah ke seorang pelaku," ujar Wakapolda DIY Kombes Pol Abdul Hasyim Gani dalam jumpa pers di Mapolda DIY, Rabu (4/5/2016).

Gani menuturkan, dari penyelidikan itu, petugas mengamankan pelaku bernama Eko Agus Nugroho (26), warga Wonokromo, Pleret, Bantul. Pelaku diamankan pada Selasa (3/5/2016) sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kami amankan di depan rumahnya saat akan pulang," ujarnya.

Dia mengungkapkan, dari pemeriksaan, pelaku mengaku nekat melakukan pembunuhan karena motif ekonomi. Pelaku ingin merampok barang-barang korban.

"Motif ingin menguasai milik korban. Ponsel dan powerbank pelaku diambil, termasuk motor," ucapnya.

Sepeda motor korban, lanjutnya, dititipkan di sebuah tempat parkir di Terminal Giwangan setelah diambil dari tempat parkir F-MIPA UGM oleh pelaku.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 338, dan Pasal 365 juncto 351 KUHP dengan hukuman maksimal 15 tahun.

(Baca juga: Mahasiswi yang Mayatnya Ditemukan di Toilet UGM Pernah Juarai Olimpiade Sains)

Sebelumnya diberitakan, sesosok mayat perempuan ditemukan di dalam toilet lantai lima di Gedung F-MIPA UGM, Senin (2/5/2016) petang.

Menurut identifikasi polisi, perempuan tersebut diketahui bernama Feby Kurnia, mahasiswi angkatan 2015 Program Studi Geofisika F-MIPA UGM yang dilaporkan hilang sejak Kamis, 28 April 2016.

 

Kompas TV Feby Kurnia Dilaporkan Hilang Sejak 29 April
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com