Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagar Budaya Kantor Radio Pemberontakan Bung Tomo Dibongkar

Kompas.com - 03/05/2016, 19:07 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bangunan cagar budaya berupa bekas kantor radio pemberontakan pejuang Surabaya, Bung Tomo, dibongkar.

Selasa (3/5/2016), bangunan di Jalan Mawar Nomor 10-12 itu terlihat rata dengan tanah.

Berdasarkan pantauan di lokasi, lahan di alamat tersebut tertutup seng berwarna hijau. Jalan utamanya terbuka. Di dalam terlihat bangunan sudah rata dengan tanah dan ada sisa-sisa kayu bangunan.

Di ujung lahan, terdapat sejumlah pekerja yang sedang membersihkan diri setelah melakukan aktivitasnya.

Sugiman, pemilik warung di seberang lokasi, menjelaskan, pembongkaran sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Dia mengaku tidak tahu bahwa lokasi tersebut adalah cagar budaya.

"Pemiliknya saya juga tidak tahu, sepertinya orang-orang pecinta rumah kuno," katanya.

Informasi yang dihimpun, cagar budaya di Kecamatan Tegalsari itu ditetapkan melalui SK Wali Kota Suabaya No 188.45 tahun 1998.

Menurut pemerhati cagar budaya, Kuncarsono, di rumah tersebut sebelumnya ada prasasti yang menunjukkan bahwa rumah tersebut adalah cagar budaya.

"Prasasti itu juga rata dengan tanah," katanya.

Di salah satu ruang rumah tersebut, Bung Tomo bersama Ktut Tantri dan beberapa sahabatnya mendirikan studio Radio Pemberontakan Republik Indonesia dengan pemancar portable. Studio itu terpaksa diciptakan karena RRI saat itu  masih ragu dengan sepak terjang Bung Tomo.

Dari ruang itulah, perang 10 November kemudian berkobar. Ratusan ribu pejuang tersulut emosinya lalu mengangkat senjata untuk berperang melawan penjajah, hingga Surabaya disebut kota pahlawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widyawati belum bisa dihubungi untuk konfirmasi soal pembongkaran cagar budaya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com