Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Anggota Kelompok Santoso Dititipkan di Lapas Baubau

Kompas.com - 02/05/2016, 15:53 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com – Seorang anggota Kelompok Santoso, Abdul Hadip Bin Muin alias Aco Bambu (36) akan menjalani masa tahanan selama empat tahun di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Abdul Halip, kurir logistik untuk kelompok Santoso ini, tiba di bandara Betoambari, Baubau dengan menggunakan penerbangan Wings Air dari Makassar, Senin (2/5/2016), sekitar pukul 11.45 Wita.

Ia dikawal dua anggota Densus 88 Antiteror yang berpakaian preman. Ketika turun dari pesawat, Abdul Halip keluar tanpa diborgol dan berjalan dengan tenang seperti para penumpang lainnya.

Ia pun langsung menuju ke dalam mobil yang sudah disiapkan dengan pengawalan beberapa anggota TNI dari Kodim 1413 Buton dan beberapa anggota Sabhara dari Polres Baubau yang bersenjata lengkap.

Abdul Halip yang mengenakan peci, jaket hitam dengan baju kaos warna kuning ini, tanpa berkata apapun langsung menuju kedalam kantor Lapas.

"Maaf ya, saya tidak bisa memberikan pernyataan. Ini dari Kejagung, langsung ke Kejati, dari Kejati dititip ke sini," kata Kepala Kejaksaan Negeri Baubau, M Rasul Hamid.

Abdul Hadip sebelumnya ditahan di sel tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok. Ia telah divonis menjalani masa tahanan sekitar 4 tahun.

Ia ditangkap pada bulan Maret 2015 dalam Operasi Camar Maleo di daerah Poso dengan dugaan menjadi kurir logistik untuk kelompok Santoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com