Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Kalau Temukan Peninggalan Sejarah, Lapor ke Badan Purbakala

Kompas.com - 02/05/2016, 08:11 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meyakini benda-benda purbakala masih akan terus ditemukan di bawah tanah di berbagai tempat di Jateng.

Hal ini disampaikannya menyusul penemuan wajan raksasa di dekat kediaman orangtuanya di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo.

“Sangiran, Blora, di sana ada satu kawasan gede. Mudah-mudahan ada peninggalan sejarah ada di bawah tanah lagi yang bisa diungkap. Kalau ada temuan, lapor ke Badan Purbakala,” kata Ganjar kepada Kompas.com di rumah dinasnya, Minggu (1/5/2016) sore.

Penanganan benda purbakala membutuhkan pemahaman yang lebih baik agar benda dan situs purbakala yang ditemukan tidak rusak. Temuan benda purbakala pun sebaiknya dilaporkan atau diserahkan kepada ahlinya.

“Kalau itu sudah terus-terusan (dilaporkan) itu nanti jadi kebiasaan yang tepat,” kata dia.

Selain penemuan wajan raksasa, di beberapa tempat di Jateng, terutama di bahwa tanah juga terdapat temuan benda lainnya. Di Grobogan ditemukan kepala kerbau berukuran raksasa.

Di Blora ada temuan bata pondasi dan beberapa fosil gajah purba. Di Kota Semarang ada temuan patung Ganesha dan temuan situs candi yang terkubur di dalam tanah.

Untuk merawat benda-benda tersebut, Ganjar menyarankan hal yang paling mudah dan tepat membawa ke museum. Semua benda purbakala membutuhkan perlakuan khusus.

“Semua benda purbakala itu benda arkelog, tapi semua yang nemu itu tidak arkeolog. Jadi, saya menyarankan menghubungi arkeolog,” ujar dia.

“Perlu hati-hati dan membawa ke museum. Membawa ke badan arkeologi itu sudah pada alamat yang paling tepat,” imbuh mantan anggota DPR RI ini.

Sebelumnya, Ganjar mengomentari temuan wajan raksasa yang tak jauh dari kediaman orangtuanya di Kutoarjo. Ia pun sejak kecil sering membeli buku di dekat lokasi penemuan wajan, namun tidak ada cerita terkait penemuan benda purbakala semasa kecilnya.

“Ada di musem keris, ada peninggalan yang ditemukan. Saya menduga masih sangat mungkin nanti akan ada penemuan lagi,” ujarnya. 

(Baca juga: Wajan Raksasa Ditemukan di Dekat Rumahnya, Ini Kata Gubernur Ganjar)

 

Kompas TV Ada Wajan Raksasa?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com