Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa di Perbatasan Rela Naik Bukit demi Hadiri Upacara Hardiknas

Kompas.com - 02/05/2016, 07:59 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 lebih siswa sekolah di wilayah perbatasan Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, memgikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan di patol WD perbatasan di Desa Bambangan, Kecamatan Sebatik Barat.

Upacara tersebut digelar di atas bukit di Kecamatan Sebatik.

Salah satu siswa SMPN 2 Sebatik, Novianti mengaku harus bangun pukul 05.00 WIB agar bisa mengikuti upacara karena jarak rumah dengan lapangan upacara sejauh 10 kilometer. Meski demikian, dia mengaku semangat mengikuti upacara.

"Harus jalan 2 kilometer karena naik gunungnya (bukit) sulit kalau pakai motor. Lumayan capek, tapi saya tetap semangat," kata Novianti, Senin (2/5/2016).

Wahid, wakil ketua panitia pelaksana upacara Hardiknas yang juga inisiator pelaksanaan upacara mengatakan, upacara Hardiknas sengaja digelar di patok tapal batas bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar bagi siswa di perbatasan.

Meski banyak keterbatasan yang dihadapi dunia pendidikan di wilayah perbatasan, namun semangat membangun tidak boleh luntur.

"Kita pilih di patok untuk menegasakan semangat pendidikan yang diusung Ki Hajar Dewantoro di wilayah perbatasan," katanya.

Selain menularkan semangat Ki Hajar Dewantoro, pelaksanaan upacara Hardiknas di patok batas negara dimaksudkan untuk lebih mengenal batas negara sehingga siswa nantinya memahami letak dan fungsi patok batas negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com