Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Perempuan dalam Seni Pertunjukan

Kompas.com - 01/05/2016, 18:40 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Komunitas 22 dan Forum Pendidik Seni Perempuan Indonesia (PSPI) menggelar Seni Pesona Perempuan dalam Seni Pertunjukan di Taman Budaya Jawa Barat pada 30 April hingga 4 Mei 2016.

Pagelaran seni ini meliputi pertunjukan seni teater, seni tari, seni suara, fashion, dan pameran seni foto karya Endang Caturwati Direktur Kesenian Kementerian dan Kebudayaan.

"Kita ingin menginspirasi masyarakat khususnya perempuan untuk tetap memiliki spirit membangun bangsa, " ujar Ketua pelaksana kegiatan Nuning Damayanti, Minggu (1/5/2016).

Perempuan, sambung Nuning, berperan dalam pembangunan kebudayaan maupun pendidikan di Indonesia. Itulah mengapa pagelaran ini dilakukan bukan karena momen Kartini saja tetapi ingin mengapresiasi wanita yang yang multitalenta, menjadi istri, ibu, guru, dan pekerja seni.

Kegiatan ini akan didukung 40 perempuan. Di antaranya Sundari Sukoco yang akan membawakan 2 lagu.

Selain itu, acara tersebut merupakan ajang silaturahmi para perempuan yang tergabung dalam komunitas ataupun forum perempuan dan pendidik diseluruh Indonesa khususnya Jawa Barat.

"Untuk tim inti ada 12 perempuan yang menyelenggarakan acara ini. Kalau kontribusi banyak. Bahkan ada juga anggota kita yang ada di luar negeri yang menyumbangkan ide lewat email ataupun diskusi di jejaring sosial. Ini bentuk keseriusan kami dalam membangun spirit Kartini agar merasuk pada diri setiap perempuan," ujar Nuning.

Selain perempuan dewasa dan orang tua, kegiatan ini menghadirkan anak-anak usia 9 tahun untuk bermain teater dan menyanyikan lagu anak karya Endang Caturwati.

Kegiatan ini dihadiri 1.200 tamu yang tergabung dalam komunitas, forum, ibu rumah tangga dan juga masyarakat umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com