Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Orasi "May Day" di Pusat Kota, Warga Banda Aceh "Cuek"

Kompas.com - 01/05/2016, 13:42 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Hari buruh sedunia diperingati sejumlah organisasi buruh dari beberapa daerah di Provinsi Aceh.

Sejumlah perwakilan organisasi buruh berkumpul dan melakukan aksi orasi di pusat kota Banda Aceh tepatnya di Bundaran Simpang Lima, Minggu (1/5/2016) pagi.

Meski banyak pengguna jalan yang melintas, namun aksi orasi para buruh itu tak terlalu mendapat perhatian dari warga yang melintas di jalan raya.

“Tidak tahu ini ada kegiatan apa, saya lewat sini mau pulang ke rumah baru dari olah raga pagi,” Ujar Usman, seorang warga Banda Aceh.

Hal senada juga diungkapkan Mardiana, juga warga Banda Aceh. Menurutnya, lalu lintas pada Minggu pagi di kawasan Simpang Lima memang belum terlalu ramai, sehingga tidak ada kemacetan meski digelar aksi demo di kawasan ini.

“Kurang tahu juga ini demo apa, tapi enggak macet kok, soalnya kalau Minggu pagi kan memang tidak terlalu ramai, mungkin sebentar lagi ramai jalannya,” kata Mardiana.

Dalam orasinya para perwakilan buruh mendesak agar pemerintah mencabut peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan, aturan ini dinilai akan melegalisasi pemberian upah rendah terhadap buruh.

Selain itu, buruh Aceh menuntut agar gubernur segera menerbitkan peraturan untuk melaksanakan qanun alias peraturan daerah No 7 tahun 2014 tentang Ketenagakerjaan yang sudah disahkan sejak tahun lalu.

“Saat ini kita di Aceh sudah punya aturan tentang ketenagakerjaan yang mengatur secara spesifik, tapi sayang belum ada pergubnya, jadi sampai saat ini belum bisa diimplementasikan, ini merugikan buruh sebenarnya,” kata Rahmat, perwakilan buruh dari Aceh Besar dalam orasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com