Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Wali Kota Yogya Garin Nugroho Raih Penghargaan dari Perancis

Kompas.com - 28/04/2016, 21:24 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sineas Indonesia Garin Nugroho mendapatkan sebuah penghargaan bergengsi "Order Des Arts et Letters" atau penghargaan bidang seni dan sastra. Tak tanggung-tanggung penghargaan itu diberikan oleh Pemerintah Perancis pada Selasa (26/04/2016) lalu.

"Tahun lalu saya dapat dari pemerintah Italia, kemarin itu dari pemerintah Perancis," ujar Garin Nugroho dalam jumpa pers di kediamannya, Jayengprawiran, Kota Yogyakarta, Kamis (28/4/2016).

Garin menjelaskan, penghargaan Order Des Arts et Letters diserahkan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Corinne Breuze di Menteng, Jakarta Pusat.

"Bentuknya emblem. Ini kalau dikenakan jadi golden tiket jika ada acara-acara kenegaraan di sana (Perancis dan Italia)," urainya.

Dijelaskannya, penghargaan tersebut diberikan karena karya-karyanya lahir pada masa krisis, ketika perfilman Indonesia sedang lesu.

"Hanya film karya saya yang muncul di saat krisis. Lalu memicu munculnya generasi baru," tegasnya.

Selain itu, film-filmnya dinilai memunculkan miniatur gagasan kebangsaan yang langka dan bersifat independen. Mereka juga memandang, karya Garin Nugroho selalu kritis terhadap keindonesiaan. Bahkan, di dalam film-filmnya mengandung pesan sosial dan mengangkat sisi yang jarang dimunculkan, yakni minoritas.

"Saya angkat film 'Tjokroaminoto' yang memperlihatkan peta politik pertama Indonesia. Tentang multikultur, film 'Soegijapranata' yang menceritakan peran uskup dan Vatikan dalam diplomasi internasional," tandasnya.

Pemerintah Perancis juga melihat sistem kerjanya dalam bidang seni, sastra dan budaya. Garin Nugroho aktif dalam upaya pemberdayaan generasi baru serta peningkatan kualitasnya, sehingga lewat pemberdayaan, muncullah generasi baru berkualitas yang karya-karyanya mampu diperhitungkan di Indonesia maupun dunia internasional.

"Penghargaan ini menunjukan bahwa sebenarnya Yogya itu memiliki SDM yang unggul dan kreatif. Hanya tinggal bagaimana memberikan ruang seluas-luasnya, ini yang akan saya lakukan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com