Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabalong Zona Merah Malaria, Tahun Ini 357 Orang Terjangkit

Kompas.com - 27/04/2016, 13:41 WIB

TANJUNG, KOMPAS.com - Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, berada dalam zona merah penyebaran penyakit malaria. Sejak Januari hingga April 2016, jumlah penderita malaria di kabupaten tersebut sudah mencapai 357 orang.

"Saat ini seluruh kecamatan di kabupaten ini sudah masuk zona merah penyebaran penyakit malaria, karena jumlah kasus yang ditemukan tinggi," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Tabalong Akhmad Rivai, Rabu (27/4/2016) di Tanjung.

Ia mengatakan, jumlah orang yang terjangkit malaria rata-rata ada 7-8 orang per seribu penduduk. Khusus di Kecamatan Jaro, jumlahnya naik 10 kali lipat, yakni terdapat 70-80 orang per seribu penduduk.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Tabalong bersama seluruh puskesmas menggiatkan penyuluhan dan sosialisasi pencegahan dan penanganan malaria, termasuk mengampanyekan pola hidup bersih.

Menurut Rivai, selama ini bantuan kelambu berinsektisida belum signifikan mengurangi kasus penyakit yang sering ditularkan oleh nyamuk Anopheles tersebut. Padahal, sudah ada 90.000 kelambu berinsektisida yang disebarkan di lima kecamatan, yakni Upau Bintang Ara, Haruai, Muara Uya, dan Jaro.

"Terpenting masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat dan memahami cara pencegahan penyakit malaria, sehingga kasus penderita malaria bisa dikurangi," kata Rivai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com