Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung, 4 Bangunan Perkantoran dan 1 Rumah Warga Rusak

Kompas.com - 27/04/2016, 11:57 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Angin puting beliung disertai hujan deras yang terjadi, Selasa (26/4/2016), menghancurkan sedikitnya empat bangunan perkantoran di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Seperti disebutkan Abdurrahman, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, ada empat kantor yang terimbas bencana tersebut, antara lain Kantor Pendidikan dan Pengajaran, Kantor Dinas Sosial yang satu atap dengan Kantor Dinas Koperasi dan UKM, Kantor Inspektorat, Kantor Dinas Petanian Tanaman Pangan dan Holtikultura yang juga satu atap dengan Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan daerah setempat.

"Selanjutnya ada satu rumah yang hancur total, korbannya mengalami luka," kata Abdurrahman.

Dia menambahkan, korban luka dirawat di RSU Muyang Kute, sedangkan total kerugian akibat bencana ini belum diketahui. Oleh karena itu, timnya sedang melakukan pendataan dan kajian cepat agar jumlah kerugian dapat terdata.

"Kami akan segera memberikan bantuan masa panik kepada warga yang menjadi korban bencana kemarin," ucap Abdurrahman.

Mengenai perlunya keterlibatan pemerintah provinsi, dia mengaku akan berkoordinasi dengan pihak BPBA di Banda Aceh apabila diperlukan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (27/4/2016) pagi, puluhan anggota TNI dan Polri serta personel BPBD Bener Meriah dibantu Satpol PP turut serta membantu proses pembersihan dan perbaikan sarana pasca-bencana.

Terkait hal itu, Junaidi, Danramil Wih Pesam Bener Meriah, menjelaskan, anggotanya langsung dirutunkan tidak berapa lama setelah bencana terjadi Selasa sore. Bahkan sampai pagi ini personel TNI dari Koramil dan Batalyon turut serta membantu melakukan proses pembersihan lokasi bencana tersebut.

"Jam 8.00 WIB kami sudah bekerja di lokasi bencana bersama masyarakat. Untuk anggota koramil, kami turunkan 30 personel, demikian 15 personel dari Batalyon 114 Satria Musara turut serta," tutur Junaidi.

Bencana angin puting beliung ini juga menyebabkan para pegawai Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Bener Meriah bekerja sementara di Mess DPRK Bener Meriah, bersebelahan dengan pendopo Bupati setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com