Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Papua Barat Gelar Tour de Teluk Cenderawasih

Kompas.com - 26/04/2016, 05:55 WIB

Tim Redaksi

MANOKWARI, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Papua Barat akan menggelar acara bersepeda jarak jauh Tour de Teluk Cenderawasih pada 5-8 Mei 2016. Perjalanan tersebut akan dimulai dari kota Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat, dan berakhir di Bintuni.

Kepala Polda Papua Barat Brigjen Royke Lumowa, Senin (25/4/2016) mengatakan, perjalanan bersepeda ini akan melewati pesisir dan perbukitan di sepanjang wilayah barat Teluk Cenderawasih. Kawasan itu memiliki banyak panorama alam menarik. Kondisi jalan raya pun relatif baik, dan mayoritasnya telah beraspal mulus, sehingga layak untuk bersepeda.

Tour de Teluk Cendrawasih, menurut Royke, bertujuan untuk mengenalkan olahraga bersepeda dan mempromosikan potensi wisata yang ada di wilayah Papua Barat khususnya wisata alam dan laut. Acara itu juga bertujuan mengampanyekan Papua yang damai dan kondusif bagi investasi, serta nyaman dan aman bagi wisatawan.

"Selama ini Papua, termasuk Papua Barat, mempunyai kesan sebagai daerah yang tidak aman. Itu sebabnya melalui Tour de Teluk Cenderawasih, kami ingin mengubah kesan itu dengan mengundang warga dari luar Papua, khususnya yang belum pernah ke Papua (Papua Barat) untuk melihat sendiri bahwa tanah Papua, termasuk Papua Barat, adalah daerah yang aman,” kata Royke.

Tour de Teluk Cenderawasih diikuti sekitar 150 orang. Mereka berasal dari berbagai kota, antara lain Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Manado, Makassar, Surabaya, Bukittinggi, Jayapura, Sorong, dan Manokwari.

"Tour de Teluk Cenderawasih ini bukan kejuaraan. Ini adalah touring. Peserta bersepeda sambil menikmati panorama alam Papua Barat,” kata Ketua Panitia Tour de Teluk Cenderawasih 2016 I Nyoman Suastra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com