Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembeli BBM di SPBU Ini Terpana Dilayani Karyawati Berkebaya

Kompas.com - 21/04/2016, 19:05 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Memperingati hari Kartini, karyawati Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, mengenakan kebaya.

“Seluruh petugas perempuan yang berjaga pada hari ini memang diharuskan mengenakan baju kebaya layaknya Kartini. Peraturan ini berlaku dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB,” jelas salah satu petugas SPBU K3PG, Lina Afifah (22), Kamis (21/4/2016).

Lina saat itu juga mengenakan kebaya. Demikian juga rekannya, Rizka Nadia Mutiara (22), keryawati yang berjaga di Dispenser Pertamax juga mengenakan baju kebaya ala Kartini.

“Baik yang bertugas di dalam ruangan maupun yang menjaga dispenser, asalkan perempuan, memang diharuskan memakai kebaya. Meski cukup ribet, tapi tidak apa-apa, kami semua melakukannya dengan senang hati,” ujar Rizka.

Dandanan ala Kartini itu menarik perhatian para pembeli bahan bakar minyak (BBM) di SPBU K3PG. Beberapa pembeli BBM mendukung aksi tersebut.

“Sekadar usul, ada baiknya jika ini bisa dilakukan setiap hari. Karena bagi saya, melihat petugas SPBU wanita mengenakan kebaya khas Kartini seperti ini, rasanya itu adem (dingin),” kata Tono (39).

Ihsan (25) yang kebetulan mengisi BBM kendaraannya di SPBU K3PG juga terpukau melihat penampilan Kartini-Kartini cantik tersebut. Menurut dia, suasana di SPBU K3PG pada Kamis hari ini menjadi terasa berbeda dibanding biasanya.

“Kalau petugasnya cantik-cantik seperti ini, mau antre lama pun nggak masalah. Sebab ada hiburannya, nggak bosen jadinya,” kata Ihsan lantas tersenyum.

Selain para petugas wanita, beberapa petugas pria yang bekerja di SPBU milik anak perusahaan Petrokimia Gresik ini juga diwajibkan mengenakan baju safari, untuk menyelaraskan dengan dandanan yang dikenakan pegawai putri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com