Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Polres Pekalongan Kaget Disambut Para Polwan

Kompas.com - 21/04/2016, 14:30 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Memperingati hari Kartini pada 21 April ini, Penjagaan dan Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Pekalongan terlihat berbeda.

Belasan polwan khusus menggantikan polisi pria melakukan penjagaan dan melayani masyarakat. Setiap warga yang baru masuk ke Polres Pekalongan dilayani oleh polwan-polwan cantik.

Para polwan ini memberitahu warga yang kebingungan mencari tempat, seperti membuat SIM, maupun mengurus izin dan kehilangan.

Salah seorang pengunjung, Ashon (35), mengaku kaget karena yang dilayani Polwan saat bertanya tempat membuat laporan kehilangan. Padahal biasanya polisi pria yang berada di pos jaga.

“Kaget juga kok Polwan semua yang ada di penjagaan, tapi ya unik juga,” kata Ashon.

Kabag Sumber Daya (Sumda) Polres Pekalongan, Kompol Siti Za’amah menjelaskan, sebenarnya para polwan ini setiap harinya tidak bekerja di bagian penjagaan maupun SPK. Mereka ada yang dari lalu lintas, administrasi, unit shabara, intelkam dan reskrim.

“Jadi khusus sehari saja polwan memberi pelayanan di penjagaan dan SPK, setelah itu kembali ke fungsi dan tugas masing-masing. Selain itu juga mereka melekat pada fungsi pelayanan,” jelas Kompol Siti.

Rencananya, tidak hanya bertugas di pos jaga dan SPK, pada 22 April nanti, para polwan juga akan turun ke jalan melakukan aksi bagi-bagi bunga dan helm sambil mengenakan kebaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com