Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penambang Pasir Tewas Tertimbun Longsor

Kompas.com - 20/04/2016, 21:20 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Dua warga Desa Akeaibu, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, tewas tertimbun tanah bercampur pasir, Rabu (20/4/2016) pukul 14.30 WIT. Kedua korban bernama Thomas Hirdianto (17) dan Mandala Daut (22).

Kepala Polres Halmahera Barat Ajun Komisaris Besar Sutoyo menuturkan, saat itu kedua korban bersama dua rekannya sedang menambang pasir di sebuah tebing.

Setelah pasir yang mereka kumpulkan siap. Kedua rekan korban meninggalkan mereka untuk membawa pasir yang dikumpulkan tadi.

"Setelah pulang mengantarkan pasir, kedua orang ini kembali dan melihat tebing sudah longsor. Begitu juga kedua teman mereka, tidak dilihat di tempat itu," kata Sutoyo.

Rekan korban menggali timbunan pasir dengan menggunakan tangan. Mereka melihat tangan korban, lalu memanggil warga sekitar untuk membantu mengeluarkan korban.

"Saat keduanya dikeluarkan dari tumpukan pasir bercampur tanah itu, korban tak bernyawa lagi," kata Sutoyo.

Kedua korban dibawa ke puskesmas terdekat sebelum diserahkan ke keluarga masing-masing.

Polisi masih mendalami kejadian ini, termasuk meminta keterangan dari pemilik areal tambang, apakah termasuk galian C atau bukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com