Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daffa: Kan Sepedanya buat Mencegat, Enggak Apa-apa...

Kompas.com - 20/04/2016, 15:31 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Daffa Farros Oktoviatro (9), bocah SD yang menghadang para pengendara sepeda motor melintas di atas trotoar di Kota Semarang, mengatakan bahwa sepeda yang diletakkannya di trotoar tidak menyalahi aturan.

"Boleh. Kan sepedanya diletakkan saja, dituntun," kata Daffa kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2016).

Daffa kerap memakai sepedanya untuk menghalau para pengendara motor yang mencari jalan pintas mengatasi kemacetan di Bundaran Kalibanteng. Menurut dia, sepeda yang diletakkan di trotoar itu hanya alat untuk menghadang para pengendara motor yang menyalahi aturan.

"Kan (sepeda) buat nyegat. Enggak apa-apa," imbuh dia.

Rekayasa lalu lintas yang tidak tepat membuat jalur di Jalan Jenderal Sudirman mengalami macet. Terlebih lagi pada jam-jam sibuk sepulang kerja, jalanan sedikit macet sehingga trotoar menjadi salah satu solusi. 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Agus Harmunantio mengatakan, trotoar dibuat untuk pejalan kaki. Selain pejalan kaki, lanjutnya, dilarang melintas di atas trotoar.

"Sepeda, sepeda motor tidak boleh. Itu khusus pejalan kaki," kata Agus, Rabu (20/4/2016) di Semarang.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan satu sepeda baru kepada Daffa. Penyerahan itu dilakukan di sekolah Daffa, di SD Kalibanteng Kidul 01, Kecamatan Semarang Barat, Rabu (20/4/2016) siang.

Di sela penyerahan hadiah, Hendrar juga memberikan semangat kepada anak-anak lain di dalam kelas Daffa. Untuk memeriahkan acara, Hendrar membagi-bagikan cokelat bagi anak yang berhasil menjawab pertanyaan.

 

Kompas TV Aksi Bocah Hadang Pengendara Naik Trotoar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com