Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua MPR: Kami Tidak Pernah Mengangkat Zaskia Gotik Jadi Duta Pancasila

Kompas.com - 20/04/2016, 11:12 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan, pihaknya tidak pernah menunjuk Zaskia Gotik, pedangdut yang sempat keceplosan mengolok-olok Pancasila, sebagai Duta Pancasila.

“Saya tegaskan, MPR RI tidak pernah mengangkat Zaskia Gotik sebagai Duta Pancasila," ujar dia saat menghadiri sosialisasi empat pilar MPR RI di Bengkulu, Selasa (19/4/2016).

Dia mengakui, adanya olok-olok terhadap lambang negara merupakan bentuk ketidakberhasilan sosialisasi selama ini.

"Kejadian ini sebagai lampu merah atau peringatan. Kejadian ini memberikan kita pelajaran, bayangkan lambang negara kita diolok-olok. Itu artinya sosialisasi yang kita lakukan selama ini tidak berhasil,” katanya.

Menteri kehutanan era Presiden SBY ini menjelaskan, kegagalan sosialisasi Pancasila harus dievaluasi agar ideologi bangsa tersebut semakin tertanam di sanubari rakyat.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKB MPR RI Abdul Kadir Karding menjelaskan, pengangkatan duta ini dilakukan sebagai hukuman bagi Zaskia.

Namun, hukuman yang diberikan bukanlah melalui hukum penjara atau dikucilkan, melainkan meminta untuk belajar keras dalam menghafal dan memahami Pancasila.

Kompas TV Dugaan Penghinaan Zaskia Terhadap Lambang Negara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com