Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Daffa Cegat Pengendara Motor di Trotoar Bikin Neneknya Deg-degan

Kompas.com - 19/04/2016, 16:36 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Murti (72) tak pernah menyangka bahwa cucunya, Daffa Farros Oktoviarto (10), menjadi terkenal di dunia maya. Ia tidak pernah tahu bahwa Daffa begitu berani mencegat pengendara sepeda motor yang melintas di trotoar.

Andai tidak ada petugas kecamatan yang mendatanginya, Murti tidak pernah tahu bahwa foto Daffa yang tengah mencegat pengendara motor di Jalan Sudirman, Kalibanteng, Semarang, tersebar di media sosial.

(Baca Daffa Mengaku Tak Takut Dibentak karena Hadang Pengendara Motor di Trotoar)

Warga RT 02 RW 03, Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, itu tidak pernah melihat langsung Daffa memberi "pelajaran" tentang tertib berlalu lintas kepada orang-orang dewasa yang menggunakan sepeda motor.

"Saya baru tahu (aksi Daffa) ketika petugas dari kecamatan datang ke rumah. Awalnya deg-degan, ada apa dengan cucu saya. Kemudian diberi tahu kalau dia jadi terkenal karena nyegat motor yang naik trotoar," kata Murti seperti dikutip Tribun Jateng, Selasa (19/4/2016).

Selama ini Murti hanya tahu dari tetangganya bahwa sang cucu sering mencegat pengendara motor.

"Ketika saya kasih tahu, dia malah marah-marah. 'Enggak usah melu-melu (tidak usah ikut-ikut)', kata Daffa," tutur Murti.

Murti menduga, banyak pengendara sepeda motor naik ke trotoar Jalan Sudirman karena kemacetan yang kerap terjadi di jalan dekat Bandara Ahmad Yani tersebut.

Durasi lampu merah di Bundaran Kalibanteng dari arah Jalan Sudirman terlalu lama sehingga mengakibatkan antrean panjang kendaraan.

"Beberapa pengendara sepeda motor yang tidak sabar kerap kali naik ke trotoar supaya segera terbebas dari macet," kata Murti.

Selain Murti, ibunda Daffa, Dinar, juga sering menasihati anaknya agar tidak mengulangi aktivitas mencegat pemotor yang lewat di jalur pedestrian. Namun, Daffa tetap kukuh memperingatkan para pelanggar lalu lintas.

(Baca Sudah Sebulan Bocah SD Ini Hadang Pengendara Motor yang Melaju di Trotoar)

"Saya bangga sekaligus khawatir. Cucu saya terkenal karena aksinya. Tapi khawatir juga, yang dia lakukan kan bukan tugas dia. Seharusnya tugas pak polisi," kata Murti. (Galih Permadi/Tribun Jateng)

Artikel ini sudah tayang di Tribun Jateng dengan judul "Nenek Dari Bocah yang Cegat Pemotor di Trotoar di Semarang Itu Kaget Didatangi Petugas Kecamatan"


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com