Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB: Reklamasi Teluk Jakarta Bisa Sebabkan Bencana Banjir

Kompas.com - 18/04/2016, 14:10 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BNPB seharusnya dilibatkan dalam perencanaan reklamasi Teluk Jakarta. Namun kenyataannya tidak.

Hal ini disampaikan Sutopo dalam disuksi Forum Komunikasi Wartawan yang mengangkat tema "Peningkatan Kapasitas Wartawan dalam Penanggulangan Bencana" di Denpasar, Bali, Senin (18/4/2016).

"Menurut saya, kami perlu diajak diskusi. Alasannya, reklamasi juga bisa menyebabkan bencana. Dikhawatirkan adanya reklamasi, maka banjir Jakarta akan semakin meningkat," kata Sutopo.

Sutopo juga menilai bahwa reklamasi akan menghambat aliran air sungai yang akan masuk ke Pantai Utara (Pantura), khususnya pantai di Teluk Jakarta, yang menyebabkan banjir semakin parah.

"Dengan adanya reklamasi tentu akan mengubah lanskap atau bentang lahan yang ada, tentu juga akan berpengaruh pada kondisi alam yang ada, termasuk masyarakat dan lainnya. Jadi, BNPB sebaiknya dilibatkan," tambahnya.

Sutopo juga menambahkan bahwa dengan dalam Undang-undang Penanggulangan Bencana, kegiatan besar seperti reklamasi tentu harus dibarengi dengan kajian risiko bencana, ancaman, kerentanan dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com