Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertutup Longsor, Akses Cibadak-Pelabuhan Ratu Terhambat

Kompas.com - 18/04/2016, 13:31 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Pascahujan deras beberapa jam, ruas Jalan Cibadak-Cikembar-Pelabuhan Ratu terhambat tanah longsor di Kampung Cikembang, Desa/Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (18/4/2016) dini hari.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 00:15 WIB. Material longsor berupa tanah dan bebatuan besar menimbun di ruas jalan nasional tersebut. Hingga Senin pukul 12:30 WIB material longsor berupa bongkahan batu masih menghalangi jalan.

Selain menimbun ruas jalan selebar enam meter ini, sebuah batu besar seukuran kerbau dewasa menghantam warung di pinggiran jalan. Akibatnya kios bensin rusak dan bangunan warung menjadi miring.

"Kami sekeluarga sempat kaget mendengar suara keras bergemuruh di luar. Setelah kami lihat keluar ternyata jalan di depan sudah tertimbun tanah dan batu-batu," ungkap Edin (45) pemilik warung kepada Kompas.com, Senin (18/4/2016).

Saat kejadian, lanjut Edin, nampaknya tidak ada kendaraan motor (ranmor) yang melintas. Setelah tanah dan batu menimbun jalan kendaraan baru berdatangan dan akhirnya berhenti karena tidak bisa melintas.

Selain menimbun jalan, sebongkah batu besar juga merubuhkan kios bensin yang ada di depan warung. Batu besar itu juga menghantam bangunan warung terbuat bilik bambu hingga mengakibatkan pondasi dan kayu-kayu miring.

"Ini tempat biasa kalau ada yang ngopi di sini, sekarang rusak. Begitu juga bangunan utama juga ada yang rusak," ujar Edin sambil menunjuk ke kayu-kayu tiang penyangga yang miring.

Arus lalu lintas mulai bisa melintas sekitar satu jam kemudian, sekitar pukul 01:00 Wib. Namun hanya satu jalur yang bisa dilintasi, karena meterial batu besar seukuran truk engkel tidak bisa digeser. Sedangkan tanah dan pepohonan yang ikut tumbang bisa dibersihkan.

"Untuk menggeserkan batu seukuran anak kerbau ini juga didorong bagian depan truk toronton," ungkap Dadang (53) salah seorang warga yang ikut kerja bakti membersihkan material tanah longsor.

Pantauan Kompas.com hingga Senin sekitar pukul 13:00 WIB, para petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Bina Marga dam unsur Muspika Bantargadung beserta masyarakat masi berupaya membersihkan material longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com