Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Juga Beroperasi, Bus Sekolah di Gresik Sudah Terkendala

Kompas.com - 15/04/2016, 16:20 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terpaksa menunda pengoperasian bus sekolah di wilayah tersebut.

Pengoperasian bus gratis itu ditentang oleh para sopir dan pemilik angkot pada rute yang akan dilalui di tengah kota.

"Untuk rute kawasan tengah kota, memang masih terjadi pro-kontra dalam pengoperasian bus sekolah karena ada beberapa pihak yang menolak keberadaan bus sekolah, meski tujuannya demi kebaikan," kata Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suyono, Jumat (15/4/2016).

Karena kendala itu, Pemkab Gresik berencana menguji kelayakan bus sekolah sebatas di wilayah Gresik selatan dan utara. Dua bus untuk wilayah Gresik utara, dan tiga bus untuk beroperasi di wilayah selatan. Uji coba akan berlangsung selama satu pekan.

"Pengoperasian uji coba bus sekolah akan langsung berada dalam pengawasan Dinas Pendidikan Gresik, begitu juga pada saat pelaksanaan nanti," kata dia.

Bus sekolah di Gresik selatan melalui rute Legundi (SDN 3 Krikilan), Krikilan (SDN 1 Krikilan), Sembung (SDN 1 Driyorejo), Sumput (SMK YPM 5), Driyorejo (SDN 1 Driyorejo), Cangkir (Puskesmas Driyorejo/Polsek Driyorejo), SMP Negeri 1 Driyorejo, Kantor Desa Temaru, dan SMKN 1 Driyorejo.

Adapun bus di utara melalui Lowayu/Sumurber, Mentaras Petung/Ima'an, Sambogunung/Sukorejo, Pertigaan Lasem, Kertosono (Pilang), Beruagung, Golokan, Alun-alun Sidayu, dan SMAN 1 Sidayu.

Namun, kendala kembali ditemui sebelum uji coba berlangsung. Rencana Pemkab Gresik untuk mengujicobakan bus sekolah pada Senin (11/4/2016) lalu batal dilaksanakan. Uji coba dijadwalkan ulang.

"Kami memang sengaja membatalkan agenda uji coba bus sekolah, yang akan dioperasikan di wilayah Gresik utara dan selatan karena berbenturan dengan kunjungan Tim Ekspedisi Islam Nusantara di Gresik kemarin," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Mahin.

Saat itu, semua bus sekolah dipakai untuk menunjang aktivitas Tim Ekspedisi Islam Nusantara di Gresik selama dua hari, Selasa dan Rabu (13/4/2016).

Mahin mengatakan, uji coba akan mulai dilakukan pada pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com