Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Mati, Peserta UNBK SMAN 1 Sukabumi Merasa Dirugikan

Kompas.com - 11/04/2016, 13:02 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA hari kelima di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, Jawa Barat, terganggu gara-gara jaringan listrik mati, Senin (11/4/2016) sekitar pukul 10:30 WIB.

Dampaknya peserta UNBK SMAN 1 Kota Sukabumi sesi dua yang masuk pukul 10:30 hingga 12:30 WIB belum bisa melaksanakan ujian. Saat ini, ratusan siswa masih berkumpul di depan ruang-ruang kelas masing-masing.

Keterangan yang dihimpun Kompas.com, jaringan listrik mati saat para siswa yang akan mengikuti ujian sesi dua akan masuk ruang kelas. Sementara para peserta pada sesi satu sudah selesai mengikuti UNBK hari kelima.

Sebelumnya, ratusan peserta sesi dua dari jurusan IPA tersebut mengikuti bimbingan di gedung olahraga. Siang ini, para siswa akan melaksanakan UNBK satu mata pelajaran, yaitu Fisika.

Di SMAN 1 ini pada UNBK 2016 diikuti sebanyak 588 pelajar. Pelaksanaannya dibagi tiga sesi. Sesi pertama pukul 07:30-09:30 WIB, sesi kedua pukul 10:30 -12:30 WIB dan sesi ketiga pukul 14:00-16:00 WIB.

"Karena mati lampu ini ya rugi sekali. Kalau sampai mati terus nanti kita harus susulan, karena sampai sekarang belum ada pemberitahuan," kata Jery Zakaria, siswa Kelas 12 IPA 4 kepada Kompas.com saat ditemui di sekolahnya, Senin (11/4/2016).

Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi, Rachmat Mulyana mengatakan, matinya listrik tentu menyebabkan pelaksanaan UNBK mengalami pengalihan sesi. Namun semuanya tergantung pada waktu listrik kembali menyala.

"Ini bukan hanya di Sukabumi, karena informasi yang diterima juga dialami beberapa daerah lainnya. Informasi dari PLN siang ini akan kembali menyala," kata Racmat kepada Kompas.com.

Informasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Sukabumi menyebutkan hari ini, ada empat SMA yang masih melaksanakan UNBK. Antara lain SMAN 1, SMAN 3, SMA Hayatan Thayibah, dan SMA BPK Penabur.

Sedangkan untuk tingkat SMK dan MA yang melaksanakan UNBK ada sebanyak 8 sekolah. UNBK SMK sudah selesai pekan lalu. Masing-masing SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMK Muhammadiyah 1, SMK PGRI 1, SMK Komputer Abdi Bangsa, SMK Plus An-Naba dan MAN 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com