Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Modal AKBP Untung Sangaji Maju Jadi Calon Bupati

Kompas.com - 08/04/2016, 11:30 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - AKBP Untung Sangaji, semakin mantap maju sebagai calon Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku. Ia cukup percaya diri dengan niatnya tersebut karena merasa punya modal kemampuan yang dimilikinya.

"Pertama, skill saya. Apa yang dulu saya tempa sampai sekarang kan saya tidak membiarkan begitu saja," ujar Untung saat dihubungi, Jumat (8/4/2016).

Untung mengatakan, modal yang dia miliki tak hanya strategi melawan teroris, tapi juga strategi membangun desa.

Dalam benaknya, Untung sudah merancang berbagai perubahan untuk membangun kampungnya. Bukan kepentingan politik yang Untung kejar. (baca: Untung Sangaji "Sarinah" Nyalon Jadi Bupati)

Ia mengaku, ingin membangun kampungnya yang memiliki banyak kekayaan alam. Ia merasa sayang untuk tidak mengabdikan diri ke desa dengan potensi alam dan ide-ide yang ia miliki.

"Anak-anak yang jadi siswa saya dulu sudah besar-besar, ingin saya kembali untuk melatih kader baru untuk keterampilan mereka," kata polisi yang melumpuhkan teroris di kawasan Sarinah, Jakarta itu.

(baca: Lumpuhkan Teroris Tanpa Pelindung, AKBP Untung Dimaki-maki Istri)

Keinginan Untung membangun desa sebenarnya sudah lama. Namun, selama ini masih terbentur tugasnya sebagai perwira menengah kepolisian dari satuan Poloairud.

"Sekarang sudah mulai agak ringan. Yaudah, enggak apa-apa dong tinggal minta ijin," kata Untung.

Demi mewujudkan niatnya, Untung rela mengeluarkan seluruh uang simpanannya. Ia pernah menjual motor Harley Davidson kesayangannya untuk membangun kantor.

Kali ini pun ia tak masalah jika harus mengeluarkan simpanannya lagi untuk maju sebagai calon bupati. Belum lagi beberapa temannya bersedia untuk memberi modal. (video: AKBP Untung Sangaji Mendadak Populer)

"Kalau kita tidak gol juga tidak masalah. Kita bangun kampung saja, sudah lama masyarakat minta," kata Untung.

"Kalau tidak bisa jangan dipaksakan. Karier ini kan bukan mencari rejeki, tapi ketulusan mengabdi," lanjut dia.

Kompas TV AKBP Untung Sangaji Mendadak Populer
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com