Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Kereta Api di Papua Segera Dibangun

Kompas.com - 08/04/2016, 08:44 WIB

KOMPAS.com - Dalam kunjungannya ke Manokwari, Papua Barat, awal pekan ini, Presiden RI Joko Widodo mengemukakan rencana pemerintah membangun jalur kereta api di Papua.

Presiden Jokowi memastikan bahwa jalur kereta api yang menghubungkan daerah Sorong dan Manokwari akan dibangun pada tahun ini.

Seperti dikutip dari Harian Kompas, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, mengatakan, pihaknya akan memulai pembangunan jalur KA di Provinsi Papua mulai semester dua tahun ini.

Pembangunan jalur kereta api akan melengkapi Pelabuhan Wasior sebagai bagian dari tol laut.

(Baca juga: Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan Lima Pelabuhan di Indonesia Timur)

Presiden Jokowi menegaskan, kebijakan pemerintah untuk berkonsentrasi ke laut bukan tanpa alasan karena Indonesia memiliki 17.000 pulau.

"Karena itu, kenapa tol laut? Supaya bisa menghubungkan antarpulau, antarprovinsi, antarkabupaten/kota, itulah Indonesia," kata Presiden. Menurut Presiden, setelah membuka tiga rute pelayaran rutin, tahun depan akan menambah tiga rute lagi untuk mendukung tol laut.

Sementara itu, Direktur Komersial PT Pelni Harry Boediarto mengatakan, Pelni sedang memesan enam kapal untuk rute perintis.

"Saat ini baru ada tiga rute perintis. Tahun ini akan dioperasikan tiga rute perintis baru dan tahun depan tiga rute lagi. Jadi, tahun depan ada sembilan rute perintis yang akan kami operasionalkan, dan itu menjadi perwujudan program tol laut pemerintah," kata Harry.

Sebelumnya diberitakan, dalam kunjungan lanjutan, Presiden juga meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro dan Hidro (PLTMH) di Morotai.

Presiden berharap, pembangunan infrastruktur bisa dibarengi dengan pemeliharaan yang baik.

"Saya senang di sini sekarang dibangun PLTS. Meskipun kecil tetapi bermanfaat. Tapi saya titip satu saja, masalah pemeliharaan. Kita ini kalau masalah pemeliharaan, perawatan, orang Indonesia itu paling tidak bisa," ungkapnya.

(Baca juga: Presiden Jokowi Blusukan ke PLTS Morotai Selatan)

 

Kompas TV Jokowi Janjikan Jalur Kereta di Papua
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Kompas TV


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com