Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

57 Siswa SMA di Bima Tidak Ikut Ujian Nasional

Kompas.com - 07/04/2016, 06:09 WIB
Syarifudin

Penulis

BIMA, KOMPAS.com - Tercatat 57 siswa di Kabupaten Bima tidak mengikuti Ujian Nasional (UN). Mereka dinyatakan absen saat ujian sejak hari pertama hingga hari ke tiga UN berlangsung.

“Ada 57 siswa yang tidak ikut UN dengan alasan beragam. Ada yang beralasan sakit, menikah dan keluar daerah,” ungkap Kasi Kurikulum Bidang Dikpen Dinas Pendidikan Kabupaten Bima, Fatahurrahman kepada wartawan, Rabu (6/4/2016).

Dari 57 yang tidak hadir dalam UN ini, 11 orang di antaranya beralasan sakit dan 4 orang meninggal. Sedangkan 42 orang di antaranya dinyatakan sudah menikah sebelum pelaksanaan UN.

"Untuk yang beralasan sakit, semuanya sudah melaporkan diri ke pihak sekolah,” kata Fatahurrahman.

Sementara siswa yang keluar daerah hingga hari ke tiga ujian berlangsung mereka belum kembali. Hanya saja, ia tidak menjelaskan para siswa yang tak mengikuti UN selama tiga hari itu bisa mengikuti ujian susulan atau tidak, karena pihaknya belum melaporkan ke kepala dinas setempat.

“Saya laporkan dulu ke atasan ya, ditunggu saja,” kata dia.

Peserta UN tahun 2016 di Bima berjumlah 6.543 siswa SMA dan MA. Sedangkan siswa SMK sebanyak 1.010 peserta. Total keseluruhan siswa SMA sederajat yang terdaftar mengikuti UN di Kabupaten Bima sebanyak 7.553 peserta.

Kompas TV Kakek 62 Tahun Ikut UN Paket C
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com