Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Diresmikan Jokowi, Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur Ini Ditutup Sementara

Kompas.com - 06/04/2016, 17:36 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Jembatan Merah Putih yang telah dioperasikan sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (4/4/2016) akan ditutup untuk sementara.

Penutupan jembatan terpajang di wilayah Indonesia Timur ini dilakukan karena ada pekerjaan untuk melepas alat berat (crane) yang masih terpasang di sisi kanan bagian tengah bentangan jembatan.

Kepala Satker Pembangunan Jembatan Merah Putih, Chirs Lasmono mengatakan, penutupan Jembatan terpanjang di Indonesia timur itu akan dilakukan hari ini sekitar pukul 18.00 Wit petang dan akan kembali dibuka lagi pada Minggu, (10/4/2016).

“Penutupan dilakukan untuk melepas crane yang masih terpasang di bagian kanan jembatan,” ujarnya saat rapat terbatas bersama Pemerintah Provinsi Maluku, di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (6/4/2016) sore.

Dia mengatakan, selain untuk melepas alat berat yang masih terpasang di bagian jembatan, penutupan juga dilakukan agar pihaknya dapat membuat marka jalan dan rambu-rambu di atas jembatan.

“Waktunya mungkin tiga hari sudah kelar,” sebutnya.

Selain itu tambah dia waktu tersebut juga akan dimanfaatkan untuk pemasangan alat pengukur angin. Alat tersebut penting diadakan agar petugas dapat memantau cuaca khususnya kecepatan angin di atas jembatan.

“Nanti juga akan dipasang alat pengukur kecapatan angin,” sebutnya.

Jembatan Merah Putih membentang di atas teluk Ambon dari desa Galala Kecamatan Sirimau ke desa Poka Kecamatan Baguala dengan panjang 1.140 meter. Jembatan yang dibangun sejak tahun 2011 itu anggarannya didanai dari APBN senilai Rp 772 miliar. 

Kompas TV Jokowi Resmikan Jembatan Merah Putih
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com