Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Hiu Paus Muncul di Bone Bolango, Anak-anak Girang

Kompas.com - 06/04/2016, 12:50 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Empat ekor hiu paus muncul di perairan dangkal Desa Batubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Hiu sepanjang 5-7 meter ini terlihat santai menikmati kulit udang yang ditebar nelayan.

Mulut ikan hiu ini mengisap kulit udang yang mengapung di sekitar perahu nelayan, sesekali tangan nelayan menepuk mulut hiu.

“Kami sudah biasa dengan hiu ini. Keberadaannya sudah lama di sini, namun masyarakat baru berani berenang dan memberi makan sekitar 2 bulanan ini,” kata Maruf Lakadjo, warga Batubarani, Rabu (6/4/2016).

Kehadiran hiu-hiu ini tidak mengganggu nelayan, mereka tetap mencari ikan seperti biasanya. Bahkan anak-anak kegirangan dan berani memegang ujung mulut hiu ini dari dalam perahu.

“Pada awalnya saya takut digigit, tapi kemudian saya biasa dengan ikan hiu ini,” kata Kevin (12), seorang anak nelayan.

Lokasi paus ini tidak jauh dari belakang rumah warga, sekitar 30 meter dari ujung pantai.

Tebing terjal beberapa setelah bibir pantai memungkinkan paus ini berenang dekat warga tanpa takut. Diperkirakan, kedalamannya mencapai 40 meter.

Menurut Maruf, masyarakat nelayan sudah terbiasa dengan kemunculannya selama ini. Beberapa anak muda kemudian memotretnya untuk diunggah di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com